Strategi dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Terhadap Santri TPQ Al-Hikam

Ahmad Junaidi

Abstract


Strategi dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin pada Santri TPQ Al-Hikam Loa Janan Ilir. Melalui program dan kegiatan belajar membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Al-Hikam Loa Janan Ilir, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan disiplin melalui kegiatan dan program pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Al-Hikam Loa Janan Ilir pada tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian pertama, proses belajar mengajar membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Al-Hikam dilaksanakan melalui metode talaqqi (tatap muka) dan muraja’ah, yang diterapkan dalam beberapa tingkatan sesuai dengan capaian santri. Pembelajaran dibagi ke dalam beberapa halaqah, mulai dari tingkat pengenalan huruf, tingkatan Iqra’ jilid 1 hingga 6, kemudian pembelajaran Al-Qur’an, tingkatan lanjutan, serta program khusus yaitu tahfidz Al-Qur’an. Kedua, pembentukan dan penanaman sikap disiplin santri melalui program membaca dan menulis Al-Qur’an tidak terlepas dari strategi dan upaya para guru yang mengaktualisasikan nilai-nilai kompetensi guru serta menjalankan peran mereka sebagai pendidik, teladan, fasilitator, dan motivator bagi para santri. Usaha, ketulusan, dan kesungguhan harus menjadi pondasi utama bagi para guru agar dapat membentuk kebiasaan bagi santri dalam mewujudkan akhlak positif pada diri mereka. Faktor-faktor yang menghambat kemajuan upaya dan strategi guru dalam membentuk dan menumbuhkan sikap disiplin santri TPQ Al-Hikam Loa Janan Ilir juga dipengaruhi oleh jumlah santri yang berlebihan dan keterbatasan ruang belajar membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Al-Hikam Loa Janan Ilir.

Keywords


Strategi Guru, Disiplin, Membaca dan Menulis Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, J. S. M. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 1–10.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2007). Strategi belajar mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Feralys Novauli. (2015). Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada SMP Negeri dalam kota Banda Aceh Darussalam. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 1–10.

Harjali. (2008). Penataan lingkungan belajar: Strategi untuk guru dan sekolah. Malang: CV. Seribu Bintang.

Hisbullah Huda, & Azizah, M. (2017). Upaya pengondisian kelas untuk mendisiplinkan siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1–10.

Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching: Metode-metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

M. Zainuddin Alanshari, & Siti Khusnul Khotimah. (2022). Upaya guru dalam pembentukan moral siswa MA Bahrul Ulum Lamongan melalui muatan pelajaran baca tulis Al-Qur’an. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 1–10.

Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective teaching: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmawati. (2023, November 9). Wawancara dengan TPQ Al-Hikam.

Reki. (2023, November 9). Wawancara dengan TPQ Al-Hikam.

Salafudin. (2018). Ngaji metal metode talqin. Jakarta: Wali Pustaka.

Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saputri, N. E. (2016). Penerapan pengelolaan kelas pada kelompok B di TK Anakqu (Skripsi, Universitas Darul Ulum Jombang).

Semiawan, C. R. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Sunhaji. (2014). Kualitas sumber daya manusia (kualifikasi dan kompetensi guru). Jurnal Kependidikan, 2(1), 1–10.

Usman, U. (2008). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ahmad Junaidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License