Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMA

Anastasia Novenia Tiussa Eka Putri, Antonius Ian Bayu Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki oleh siswa di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu, mengetahui seberapa tinggi tingkat motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu, dan mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dengan subjek berjumlah 96 siswa dari kelas X di SMA Pangudi Luhur St. Louis IX Sedayu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner dengan menggunakan google form. Lalu, skala yang digunakan meliputi skala dukungan sosial teman sebaya (51 item; α = 0.967) dan skala motivasi belajar (31 item; α = 0.952). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi yakni 51%, tingkat motivasi belajar berada pada kategori tinggi yakni 47,9%, dan terdapat hubungan signifikan yang positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa yang ditunjukkan melalui nilai korelasi (r) yang diperoleh sebesar 0.454 dengan signifikansi (Sig. 2-tailed) yang diperoleh adalah <0,001.

Keywords


Dukungan Sosial Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Nurdiansyah, A. R., & Kusmawati, A. (2024). Dukungan Sosial Penghargaan Teman Sebaya Dalam Mengatasi Fenomena Quarter Life Crisis Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(1), 278–287. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i1.285

Cherniss, C., & Goleman, D. (2001). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. Jossey-Bass.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Fitriyah, A., & Sunanto, L. (2023). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 101-106.

Harahap, Z. N., Azmi, N., Wariono, W., & Nasution, F. (2023). Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 9258–9269. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1732

Hartati, J., Achadi, W., & Naufa, M. M. (2022). Hubungan Prokrastinasi dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Patah Palembang. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(4), 608-618.

Haryani, S. D., Syaf, A., & Fadhli, M. (2022). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Kecenderungan Impulsive Buying Pada Remaja. ANFUSINA: Journal of Psychology, 5(1), 25-34.

Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942

Maghfirah, I., Wiradendi Wolor, C., & Tuty Sariwulan, R. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Berajah Journal, 3(1), 59–74. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.197

Maslow, A.H. (1984). Motivasi Kepribadian : Teori Motivasi dengan Rancangan Hierarki Kebutuhan Manusia. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo

Murdafasmi, Y., Rachmatan, R., Nisa, H., & Riamanda, I. (2020). Dukungan Sosial Dengan Fear of Failure Pada Foodpreneur. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 199–224. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.199-224

Ningsih, W., Susilawati, A., & Putri, K. A. W. (2022). Motivasi Belajar Baca Tulis Qur’an Siswa Di Smp Alfa Sanah. Hartaki: Journal of Islamic Education, 1(1), 35-52.

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ramdhanu, C. A. (2019). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Identitas Diri. Journal of Innovative Counseling, 3(01), 7-17.

Sarafino, E. P. (2008). Health psychology: Biopsychosocial interactions (6th ed.). John Wiley & Sons.

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sinaga, Z. V., Abdillah, R., & Larasati, T. (2024). Eran Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa yang Berkuliah di Bekasi. Jurnal Psikologi, 1(4), 16. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2944

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 3). Bandung: ALFABETA

Tabi’in, A. (2024). Analisis Teoritis Mutu Lembaga Pendidikan Islam. 1(2), 6-13. https://ypair.net/ojsypair/index.php/JP_YPAIR/index

Utami, P. E., & Tumanggor, R. O. (2024). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Akademik Siswa Pasca Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 8(1).https://doi.org/10.24912/ jmishumsen.v8i1.27438

Uyun, M., & Fatah, U. R. (2022). Peer Social Support and Students’ Perceptions Of Teachers’ Pedagogic With Learning Motivation. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1) https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2335

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Anastasia Novenia Tiussa Eka Putri, Antonius Ian Bayu Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License