Provus Discrepancy Evaluation Program Kampus Mengajar Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Safitri Safitri, M. Taheri Akhbar, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kampus mengajar dan dampaknya terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan informan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Program Kampus Mengajar di SDN 01 OKU berjalan cukup baik sesuai dengan model evaluasi Provus yang dilakukan, mahasiswa juga aktif membantu proses pembelajaran. Tantangan utama dalam pelaksanaan program kampus mengajar meliputi keterbatasan sumber belajar, adaptasi guru, dan jumlah siswa yang besar. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkat, dan mahasiswa yang mengikuti program kampus mengajar akan mendapat pengalaman setara 20 SKS, namun sebagian siswa masih butuh bimbingan lanjutan.

Full Text:

PDF

References


Ariani, A. (2021). Discrepancy Evaluation Model (DEM) Untuk Mengevaluasi Program Pendidikan Inklusif. Jurnal Pahlawan, 17(2).

Azmi, M., (2024). Evaluasi Program Pendidikan Model Discrepancy. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 2(2).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2023). Kurikulum Merdeka. Retrieved From Direktorat Sekolah Dasar: Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/KurikulumMerdeka

Kemendikbudristek. (2022). Tujuan Kampus Mengajar. Pusat Informasi Kampus Merdeka.https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/28966442335257-Tujuan-Program-Kampus-Mengajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kurniasih, & Sri, W. (2022). Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Ular Tangga Raksasa Di Pos Paud Pelangi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 145-156

Lisnawati, I., I., Julia, J., & Iswara, (2022). Implementasi Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5).

Mustafa, P. S. (2021). Model Discrepancy Sebagai Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 9(1).

Peraturan Pemerintah No. 57 (2021). Standar Nasional Pendidikan. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Salinan%20PP%20Nomor%2057%20Tahun%202021.pdf

Selegi, S., F., (2018) Evaluasi Input, Proses, dan Hasil Melalui Penerapan Model Pemebelajaran Learning Cycle. Jurnal Swarnabhumi, Vol 3 (1)

Suhartoyo, dkk. (2020). 26 Episode Merdeka Belajar Kemendikbudristek. https://kspstendik.kemdikbud.go.id/berita/detail/26-episode-merdekabelajar

Suyanto. (2020). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. KOMPAS, 08 Februari, 6. https://suyanto.id/implikasi-kebijakan-merdeka-belajar/

Tri., R., G., Arafat, Y., dan Selegi., S., F., (2025) Pengaruh Literasi Digital Menggunakan Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Mip Mapping Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Jurnal COLLASE (Creative Of LearningStudents Elementary Education. Vol 8 (2).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Safitri Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License