Optimalisasi Praktikum Excel Melalui Project-Based Learning Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin

Ahmad Jayadi, R.A. Sukmawati, Ahmad Rizhan, Diah Selvya Septyana, Irfa Avisha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas praktikum Microsoft Excel pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin melalui pendekatan Project-Based Learning (PjBL) dengan topik analisis data keuangan sederhana. Masalah utama yang diidentifikasi mencakup rendahnya partisipasi siswa, kurangnya pemahaman konsep pengolahan data, serta hasil praktikum yang belum mencapai standar ketuntasan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart dalam dua siklus pembelajaran yang melibatkan 36 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian proyek, angket siswa, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dan keterlibatan siswa. Sebelum tindakan, mayoritas siswa belum memahami penggunaan rumus Excel secara benar dan partisipasi rendah. Setelah penerapan PjBL di Siklus I dan II, terjadi peningkatan bertahap hingga 86% siswa mencapai ketuntasan, dengan keterlibatan aktif dalam kelompok mencapai 88%. PjBL terbukti membantu siswa memahami materi secara lebih relevan, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, serta memperkuat kerja sama tim. Dengan demikian, model ini efektif untuk mengoptimalkan pembelajaran praktikum Excel.


Keywords


Project-Based Learning, Praktikum Excel, Grafik, Optimalisasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Duffy, T. M., & Cunningham, D. J. (1996). Constructivism: Implications for the design and delivery of instruction. In D. H. Jonassen (Ed.), Handbook of research for educational communications and technology (pp. 170–198). Simon & Schuster Macmillan.

Fitriana, D., & Nugroho, A. (2022). Implementasi model PjBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 3(1), 45–52.

Haryanto, D. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran TIK untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 112–123.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Holm, M. (2011). Project-based instruction: A review of the literature on effectiveness in prekindergarten through 12th grade classrooms. River Academic Journal, 7(2), 1–13.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen: Kurikulum merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of the learning sciences (pp. 317–333). Cambridge University Press.

Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning: A proven approach to rigorous classroom instruction. ASCD.

Lestari, S., & Hasanah, N. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam praktikum pengolahan data menggunakan Excel. Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 87–95.

LinkedIn. (2020). Top 10 most in-demand hard skills. https://business.linkedin.com

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Nurfadilah, A. (2023). Pengaruh project-based learning terhadap soft skills siswa pada mata pelajaran informatika. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(1), 25–34.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Sutrisno, A. (2023). Penggunaan Excel dalam pengolahan data untuk pembelajaran abad 21. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Digital, 4(1), 12–20.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

Wahyuni, I. (2021). Microsoft Excel sebagai alat bantu pembelajaran pengolahan data. Jurnal Pendidikan dan Sains, 9(1), 30–38.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ahmad Jayadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License