Pendekatan Humanistik dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Dina Salsabila, Remiswal Remiswal, Khadijah Khadijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendekatan humanistik dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta implikasinya terhadap pembelajaran yang bermakna dan transformatif. Artikel ini menganalisis prinsip-prinsip dasar pendekatan humanistik menurut tokoh-tokoh seperti Carl Rogers dan Abraham Maslow, serta mengaitkannya dengan praktik evaluasi yang terjadi di kelas-kelas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya bertujuan mengukur pencaPendidikan Agama Islaman akademik peserta didik, tetapi juga harus menjadi bagian dari proses pembinaan nilai dan karakter. Salah satu pendekatan yang relevan untuk mewujudkan evaluasi yang mendidik adalah pendekatan humanistik. Pendekatan ini menekankan pentingnya menghargai potensi, keunikan, dan perasaan peserta didik selama proses penilaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan humanistik mendorong guru untuk tidak hanya fokus pada hasil akhir, tetapi juga memperhatikan proses belajar, perkembangan emosi, dan sikap spiritual peserta didik. Evaluasi dilakukan dengan cara yang empatik, terbuka terhadap dialog, dan memberi ruang refleksi bagi peserta didik. Model penilaian seperti self-assessment, portofolio, dan penilaian berbasis proyek menjadi bentuk evaluasi yang selaras dengan pendekatan ini. Melalui evaluasi yang memanusiakan, pendidikan agama tidak hanya menjadi sarana transfer ilmu, tetapi juga proses pembinaan jiwa yang utuh. Penelitian ini diiharapkan dapat memperkuat peran evaluasi sebagai bagian integral dari pendidikan nilai dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di era modern.


Keywords


Pendekatan Humanistik, Evaluasi, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam pendidikan sebagai alat ukur hasil belajar. An-Nuha Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 91–107.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974–980.

Anurogo, D., & Napitupulu, D. S. (2023). Esensi Ilmu Pendidikan Islam: Paradigma, Tradisi dan Inovasi. Pustaka Peradaban.

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., Wiratama, W. M. P., Rumfot, S., Arifin, S. P., & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Asrul, A., Saragih, A. H., & Mukhtar, M. (2022). Evaluasi pembelajaran.

Astiti, K. A. (2017). Evaluasi pembelajaran. Penerbit Andi.

Calicchio, S. (2023). Abraham Maslow, dari hierarki kebutuhan hingga pemenuhan diri: Sebuah perjalanan dalam psikologi humanistik melalui hierarki kebutuhan, motivasi, dan pencapaian potensi manusia sepenuhnya. Stefano Calicchio.

Devi, A. D. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 8(1), 71–84.

Handayani, I. P., & Hamami, T. (2022). Pendekatan humanistik dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam pada KMA 183 tahun 2019. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 244–260.

Hayati, M. (2020). Kontribusi keterampilan belajar abad 21 dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1–9.

Indriyani, N. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Humanisme. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 668–682.

Jaarvis, M. (2021). Psikologi Humanistik: Seri Teori Psikologi. Nusamedia.

Lestari, A., Oktavia, A., Saputro, E. W. A., Herlin, R., Azlan, N., Afriani, R., Sukma, A., Nurwin, E., Rajab, M., & Irawan, H. (2024). Psikologi pendidikan. Penerbit Widina.

Ma’muroh, M. A. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Humanis dan Religius di Sekolah. Publica Indonesia Utama.

Magdalena, I., Ridwanita, A., & Aulia, B. (2020). Evaluasi belajar peserta didik. Pandawa, 2(1), 117–127.

Mudlofir, H. A. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif: dari Teori ke Praktik-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Nasution, A. T., Rahmanita, B. N., & Muzaini, M. C. (2023). PENGEMBANGAN ASSESMEN AFEKTIF. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2841–2853.

Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Konteks Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nurjan, S. (2016). Psikologi belajar. Wade Group.

Pasaribu, M. S., & Pohan, S. (2024). Analisis dan Strategi Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kepatuhan Peserta Didik pada Nilai-Nilai Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4 Nopember), 4471–4484.

Purwosaputro, S., & Sutono, A. (2021). Filsafat Manusia Sebagai Landasan Pendidikan Humanis. Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 10(1).

Rosita, A. K. R., Fatihah, S., Latifah, M., & Shanti, M. F. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 172–177.

Sa’adah, N., & Saptarini, A. (2018). Mengenal Psikologi Perkembangan. Mengenal Psikologi Perkembangan, 1–9.

Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Sariani, N., Prihantini, M. P., Winarti, P., Indrawati, S. P. I., Pd, M., Jumadi, S. P. I., Pd, M., Suradi, A., & Satria, R. (2021). Belajar dan pembelajaran. Edu Publisher.

Sihono, S., & Hamami, T. (2025). Integrasi Asas Psikologi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 163–175.

Suhartawan, B., MT, M., Nurmaningtyas, A. R., Deni, H. A., MM, C. Q. M., Santje Magdalena Iriyanto, M. T., Siti Sopiah, S. S., Indah Naryanti, S. K. M., Vanchapo, A. R., & MKes, M. (2024). Metodologi Penelitian. Cendikia Mulia Mandiri.

Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177–193.

SUTIAH, D. R., & Pd, M. (2020). Pengembangan model pembelajaran pendidikan agama Islam. NLC.

Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589.

Tambak, S. (2014). Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI. Graha Ilmu.

Wahyudin, Y. (2009). Teori Belajar Humanistik Carl Ransom Rogers dan Implikasinya terhadap Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wibowo, F. (2022). Ringkasan teori-teori dasar pembelajaran. Guepedia.

Widayanthi, D. G. C., Subhaktiyasa, P. G., Hariyono, H., Wulandari, C. I. A. S., & Andrini, V. S. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dina Salsabila, Remiswal Remiswal, Khadijah Khadijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License