Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Tiga Ranah: Ranah Kognitif, Afektif, Dan Afektif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A., & Muktar, M. (2023). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Tinjauan Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik di SMA MTA Surakarta. NineStars Education, 4(2), 149–157.
Al-Qodri, W. A., Rafi’i, A., Kadafi, T. M., Putra, A. K. A. P., Alfaruq, U. H., & Inayati, N. L. (2025). Peran Evaluasi Ranah Psikomotorik dalam Meningkatkan Keterampilan Tingkat Tinggi pada Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Gemolong. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i1.37
Anshori, I. (2004). Evaluasi Pendidikan. Muhammadiyah University Press. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/51/
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1).
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ketiga). Bumi Aksara.
Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Hasanah, M. (2024). Evaluasi Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 5(1), 61–84. https://doi.org/10.51672/jbpi.v5i1.327
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI, 2(1), 132–139.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.
Putra, R. P. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 18–26.
Qomari, R. (2008). Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.24090/insania.v13i1.287
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.
Tia, S. M. N., Anwar, K., & Khamim, N. (2023). Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 98–108.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl–Bloom’s Taxonomy Revised. Understanding the new version of Bloom’s taxonomy. https://www.quincycollege.edu/wp-content/uploads/Anderson-and-Krathwohl_Revised-Blooms-Taxonomy.pdf
Yanti, D., Astuti, Z., & Handoko, C. (2023). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal, 2(2), 482–492.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Miftahu Sya'adah, Remiswal Remiswal, Khadijah Khadijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License