Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Tiga Ranah: Ranah Kognitif, Afektif, Dan Afektif

Miftahu Sya'adah, Remiswal Remiswal, Khadijah Khadijah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menjelaskan secara mendalam konsep dasar dari tiga ranah utama dalam evaluasi pendidikan, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta bagaimana ketiganya dapat terintegrasi secara harmonis dalam proses evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga ranah tersebut dianggap sebagai fondasi yang sangat penting dalam menciptakan sistem evaluasi pembelajaran yang bersifat holistik dan menyeluruh, yang mencakup aspek pengetahuan (kognitif), sikap atau nilai-nilai (afektif), dan keterampilan atau tindakan nyata (psikomotorik) yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah studi literatur atau tinjauan pustaka, yang dilakukan dengan cara menganalisis sejumlah referensi ilmiah, termasuk jurnal akademik, buku-buku teori pendidikan, serta dokumen kurikulum yang relevan dengan topik evaluasi pendidikan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa ranah kognitif lebih menitikberatkan pada kemampuan berpikir kritis dan pemahaman terhadap materi ajar. Sementara itu, ranah afektif mencakup pembentukan sikap, internalisasi nilai, serta respons emosional peserta didik. Adapun ranah psikomotorik berfokus pada kemampuan peserta didik dalam menerapkan keterampilan fisik, termasuk pelaksanaan ibadah secara praktis. Ketiga ranah ini, jika diterapkan secara terpadu, diyakini mampu menciptakan evaluasi yang lebih komprehensif. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan instrumen evaluasi yang mampu mengukur ketiga ranah tersebut secara seimbang guna meningkatkan kualitas pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam.

Keywords


Evaluasi Pendidikan, , Pendidikan Agama Islam, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psiomotorik

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., & Muktar, M. (2023). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Tinjauan Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik di SMA MTA Surakarta. NineStars Education, 4(2), 149–157.

Al-Qodri, W. A., Rafi’i, A., Kadafi, T. M., Putra, A. K. A. P., Alfaruq, U. H., & Inayati, N. L. (2025). Peran Evaluasi Ranah Psikomotorik dalam Meningkatkan Keterampilan Tingkat Tinggi pada Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Gemolong. Jurnal Miftahul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i1.37

Anshori, I. (2004). Evaluasi Pendidikan. Muhammadiyah University Press. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/51/

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1).

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ketiga). Bumi Aksara.

Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Hasanah, M. (2024). Evaluasi Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 5(1), 61–84. https://doi.org/10.51672/jbpi.v5i1.327

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI, 2(1), 132–139.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.

Putra, R. P. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 18–26.

Qomari, R. (2008). Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.24090/insania.v13i1.287

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.

Tia, S. M. N., Anwar, K., & Khamim, N. (2023). Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 98–108.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.

Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl–Bloom’s Taxonomy Revised. Understanding the new version of Bloom’s taxonomy. https://www.quincycollege.edu/wp-content/uploads/Anderson-and-Krathwohl_Revised-Blooms-Taxonomy.pdf

Yanti, D., Astuti, Z., & Handoko, C. (2023). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal, 2(2), 482–492.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Miftahu Sya'adah, Remiswal Remiswal, Khadijah Khadijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License