Adab Belajar Santri dalam Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Al Husna Samarinda

Rio Armandani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran jarak jauh secara online mengakibatkan terjadi kemerosotan etika pada siswa, seperti siswa yang bolos dengan alasan jaringan jelek, tidur dan tidak mendengarkan gurunya. Hal ini dikarenakan pembelajaran daring hanya terfokus pada pengetahuan kognitif saja. Melalui Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim merupakan kitab pegangan bagi orang-orang yang sedang menuntut ilmu, dimana dalam kitab Ta’lim Muta’allim menjelaskan tata cara menuntut ilmu dengan akhlak. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim, betuk etika belajar santri dan seberapa besar pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap etika belajar santri Pondok Pesantren Al Husna Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 246 santri dan sampel sebanyak 71 santri. Teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus slovin. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dari korelasi product moment sebesar 0,650 dan uji koefesiensi determinasi pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 42,20%. Maka dapat disimpulkan penelitian pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim terhadap etika belajar santri di Pondok Pesantren Al Husna Samarinda berkategori pengaruh kuat.

Keywords


Etika Belajar, Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim

Full Text:

PDF

References


Adib Abdul, “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren” dalam Jurnal Mubtadiin edisi no. 1, Vol. VII, 2021.

Aditya Nalendra Aloysius Rangga, et.al, Statistika Seri Dasar dengan SPSS, (Bandung: Media Sains Indonesia).

Ahmad Hidayaturrahman Shofyan, “Pengaruh Kitab Ta’lim Muta’allim terhadap Perilaku Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan”, Skripsi, SPD-UIN Wali Songo Semarang tahun 2013.

Ahmadi Abu, “Psikologi Belajar”, (Jakarta: PT Rinaka Cipta, 2013).

AL-Ghazali Hujjatul Islam Al-Imam, Terjemah Syarah Ayyuhal Walad, (Surabaya: Mutiara Ilmu, 2017)

Ali Sodik Sandu Siyoto, Dasar Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Media Sains Indonesia, 2021).

An’im Abu, Terjemah Ta’limul Muta’alim – kiat santri meraih ilmu dan manfaat & barokah, ( Jawa Barat : Mukjizat, 2015).

Anwar Rosihon, “Akhlak Tasawuf,” (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2010).

Arif Mustofa, “Belajar dan Pembelajaran:Pengembangan Wacana dan Praktek Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional”, (Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2013).

Arikunto Suharsimi,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010).

Armai Arief, “Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam”, (Jakarta: Ciputat Perss, 2012).

As’ad Aliy, Terjemah Ta’lim Muta’alim Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, (Kudus: Menara Kudus, 2015).

Askari Zakariah Muhammad, Analisis Statistik dengan SPSS untuk Penelitian Kuantitatif, (Lamokato: Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah, 2021).

Asrori Ma’ruf, “Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu”, (Surabaya:Pelita Dunia, 2014).

Atmaja Prawira Purwa, “Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru”, (Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2013).

Azam Abdurrahman, Terjemah Ta’limul Muta’allim Pentingnya Adab Sebelum Ilmu, (Solo: Aqwam, 2019).

Azzam Abdurrahman, Terjemahan Ta’lim Muta’allim, (Solo: Aqwam, 2019).

Az-Zarnuji Syeikh, diterjemahkan oleh Abdul Kadir Aljufri, Terjemah Ta’lim Muta’allim, (Surabaya:Mutiara Ilmu,2016).

Bichar Dzul, “Hubungan Pengajian Kitab Ta’lim Muta’allim terhadap etika akhlak santri pada Guru di Madrasah Diniyah Mambaul Ulum Ngudikan Wilangan Nganjuk”, Skripsi, SPD-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2020.

Cahyani Adhetya, et.al., “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”, dalam Jurnal Pendidikan Islam edisi no. 1, Vol. III, 2020.

Dahlan Zaini, “Khazanah Kitab Kuning: Membangun Sebuah Apresiasi Kritis”, dalam Jurnal Ansiru PAI edisi no. 1, Vol. III, 2018.

Darmawan Deni, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: RosdaKarya, 2013).

David F Birks Malhotra, Narsh K, Marketing Research: An Applied Approach 3rd European Edition, (Harlow, England: Pretince-Hall, 2012).

Efendi Rusfian, “Etika Dalam Islam”, dalam Jurnal Filsafat dan Pemikiran Islam,edisi no. 1, Vol. I, 2019

Fata Nidhomuddin Dian Zaynul,”Implementasi Etika Belajar dalam Prespektif Pendidikan Islam Pada Siswa Program Kelas Religi Studi Kasus Di MTSN 2 Kota Kediri”,dalam Jurnal Intelektual Pendidikan dan Studi Keislaman, edisi no. 3, Vol.VIII, 2018.

Fathu Lillah Muhammad, Ta’lim Muta’allim Kajian dan Analisa serta dilengkapi Tanya Jawab, ( Kediri: Santri Salaf Press, 2015).

Hamalik Oemar, “Proses Belajar Mengajar”, (Bumi Aksara, 2014).

Hasanah Zuhanul, “Pengaruh Pengajaran Kitab Ta’lim Mutta’allim terhadap Pembentuka Sikap Ta’dzim Siswa Kelas XI di MA Ma’arif Ponggol Grabag Magelang”, Skripsi, SPD-Sekolah Tinggi Agama Is lam Negri (STAIN) Salatiga tahun 2014.

Hermawan Iwam, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Hidayatul Qur’an Kuningan, 2019).

Junaidi Mahfud, Ilmu Pendidikan Islam: Filsafat dan Pengembangan, (Semarang: Rasail, 2010).

Kadir Aljufri Abdul, “Terjemahan Ta’lim Muta’allim”, (Semarang:Mutiara Ilmu, 2012).

Kusno Amalia Fithria, et.al., “Nilai Nilai Ulu Al Azmi Dalam Tafsir Ibnu Katsir”, dalam Jurnal Studi Al Qur’an dan Tafsir, Vol. I, 2017.

Martono Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Rajawali Pers,2012).

Mas’ud Ali, “Akhlak Tasawuf”, (Sidoarjo: CV. Dwiputra Pustaka Jaya, 2010).

Mochtar Affandi, Kitab Kuning dan Tradisi Akademik Pesantren, (Bekasi: Pustaka Isfahan, 2012).

Mufida Zeni, “Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Ayyuhal Walad serta relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam”, Skripsi, SPD- Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2019.

Mukhoyyaroh, “Hubungan antara pengajian kitab Ta’limul muta’allim dan akhlak mahasiswa di pondok pesantren An Nuriyah wonocolo Surabaya”, Skripsi, SPD- IAIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2012.

Muslim Nurdin, “Moral dan Kognisi Islam Buku Teks Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum”, (Bandung: CV. Alfabeta, 2010).

Muzayin Shofwan Arif, “Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim”, dalam Jurnal Riset dan Konseptual edisi no. 4, Vol. II, 2017.

Natta Abuddin, “Akhlak Tasawuf”, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011).

Nuh Muhammad, “Etika Profesi Hukum”, (Bandung: Pustaka Setia Offset, 2011).

Nurman Muhammad, “Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim terhadap etika santri di Pondok Pesantren Ainul Falah Lampung Timur”, Skripsi, SPD-IAIN Metro tahun 2021.

Nuryadi, et.al., Dasar-Dasar Statistik Penelitian, (Yogyakarta: Sibuku Media, 2017).

Prajna Conia, “Implementasi Nilai Kitab Ta’lim Muta’allim dalam pembentukan akhlak santri di Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto”, Skripsi, SPD-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2020.

Pramesti Getut, Stistika Penelitian dengan SPSS 26, (Jakarta: Kompas Gramedia, 2017).

Pramono Didi, “The Authority of Kiai Toward The Santri”, dalam Jurnal Society and Culture edisi no. 1, Vol. X, 2018.

Putro Widoyoko Eko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014).

Selo Arham, Haerani Mutari, “Adab Al Nafs: A Review Of A Mawardy’s Moral Education Philosophy, Mediterranean Journal Of Social Sciences”, dalam Jurnal Maser Publishing, edisi no. 1, Vol. III, 2018.

Setiawan Agus, “Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam” dalam Jurnal Dinamika Ilmu edisi no. 1, Vol. XIV, 2014.

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian, (Yogyakarta: Andi Offset, 2010).

Sugiyono, et.al., Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL, (Bandung: Alfabeta, 2015).

_____, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta,2016).

____, Statistika untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2016).

Sulfiya,”Konsep Etika Murid terhadap Guru Kitab Adab Ta’lim Muta’allim dan Implementasinya dalam membentuk karakter siswa (Studi Multisitus di MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang dan MA Alhidayah Termas Nganjuk)”, Tesis, SPD-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2019.

Suwandi Edo, "Pembela jaran Kitab Ta’lim Muta’allim Terhadap Perilaku Santri", dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora edisi no. 2, Vol. 5, 2020.

Syah Muhibbin, “Psikologi Belajar”, (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2015).

Zuhairi, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, (Jakarta:Rajawali Pers, 2016).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rio Armandani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License