Analisis Kebutuhan Belajar Mata Pelajaran Fikih: Antara Teori dan Praktik Di Man Temanggung

Kaliana Fatikah Ningsih, Fajar Indriyanti, Rahmat Hariyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan belajar siswa dalam mata pelajaran Fikih di MAN Temanggung serta mengidentifikasi kesenjangan antara teori dan praktik di lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan belajar belum sepenuhnya diterapkan secara sistematis. Guru cenderung mengandalkan silabus nasional tanpa menyesuaikan materi dengan karakteristik dan kebutuhan siswa secara spesifik. Hal ini menyebabkan pembelajaran Fikih cenderung bersifat teoritis dan kurang kontekstual. Beberapa kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan guru, serta rendahnya motivasi belajar siswa. Strategi yang disarankan untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik meliputi penguatan kompetensi guru, penyusunan instrumen analisis yang sederhana, integrasi hasil analisis ke dalam perencanaan pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi dan kolaborasi profesional. Dengan pelaksanaan analisis kebutuhan belajar yang tepat, pembelajaran Fikih dapat menjadi lebih efektif, bermakna, dan relevan dengan kehidupan siswa

Keywords


analisis kebutuhan belajar, fikih, pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Adisasmita Raharjo. (2011). Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 6(3), 28–38.

Amanda, Y., & Albina, M. (2024). Analisis Tujuan Pembelajaran Menurut Ade Darman Regina. 1, 106–112.

Arafah, H. (2015). Competencies for the Classroom Instructional Designer. International Journal of Secondary Education, 3(2), 16. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20150302.11

Destiany, A. P., & Robandi, B. (2023). Penilaian Karakteristik Siswa Untuk Pembelajaran Yang Efektif Di SMA Negeri 1 Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2), 164–180. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2450

Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827

Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01), 73–89. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.336

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Huda, M. N. (2020). Profesionalisme Guru Fiqih Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa Di Mts Negeri Kota Manado. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 69–115. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.25

Humam, M. S., & Hanif, M. (2025). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Kritikal Siswa di Era Modern. 3.

Julian, P. D., Ditha Fitria, E., Maulidah, I., Widayanti, W., Nurajijah, A., Nuroniah, E., & Banyutresna, S. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Kelas di TK Harapan Sindangsari. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(2), 230–240. https://doi.org/10.62515/staf.v2i2.256

Karyawan, I. N. (2011). Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses pada Kelompok Mata Pelajaran IPTEK SMP di Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung. 1–15.

Khadijah. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia (Issue March). https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

Khalil, M. K., & Elkhider, I. A. (2016). Applying learning theories and instructional design models for effective instruction. Advances in Physiology Education, 40(2), 147–156. https://doi.org/10.1152/advan.00138.2015

Miftah, M. (2018). Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknodik, 095–106. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443

Nangimah, T. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Pada Materi IPS. 70–76.

Suradi, A. (2022). Pendidikan Islam Dan Multikultural (Tinjauan Teoritis dan Paktis di Lingkungan Pendidikan).

Taufik, A. (2019). Teacher interaction, emotional, teaching and learning process. El-Ghiroh, XVI(01), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kaliana Fatikah Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License