Analisis Kebutuhan Belajar Mata Pelajaran Fikih: Antara Teori dan Praktik Di Man Temanggung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasmita Raharjo. (2011). Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 6(3), 28–38.
Amanda, Y., & Albina, M. (2024). Analisis Tujuan Pembelajaran Menurut Ade Darman Regina. 1, 106–112.
Arafah, H. (2015). Competencies for the Classroom Instructional Designer. International Journal of Secondary Education, 3(2), 16. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20150302.11
Destiany, A. P., & Robandi, B. (2023). Penilaian Karakteristik Siswa Untuk Pembelajaran Yang Efektif Di SMA Negeri 1 Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2), 164–180. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2450
Dhera, M. M., Ti’a, E., Lawe, Y. U., & Sego, M. I. S. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.827
Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01), 73–89. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.336
Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Huda, M. N. (2020). Profesionalisme Guru Fiqih Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa Di Mts Negeri Kota Manado. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 69–115. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.25
Humam, M. S., & Hanif, M. (2025). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Kritikal Siswa di Era Modern. 3.
Julian, P. D., Ditha Fitria, E., Maulidah, I., Widayanti, W., Nurajijah, A., Nuroniah, E., & Banyutresna, S. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Kelas di TK Harapan Sindangsari. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(2), 230–240. https://doi.org/10.62515/staf.v2i2.256
Karyawan, I. N. (2011). Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses pada Kelompok Mata Pelajaran IPTEK SMP di Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung. 1–15.
Khadijah. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia (Issue March). https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/
Khalil, M. K., & Elkhider, I. A. (2016). Applying learning theories and instructional design models for effective instruction. Advances in Physiology Education, 40(2), 147–156. https://doi.org/10.1152/advan.00138.2015
Miftah, M. (2018). Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknodik, 095–106. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443
Nangimah, T. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Pada Materi IPS. 70–76.
Suradi, A. (2022). Pendidikan Islam Dan Multikultural (Tinjauan Teoritis dan Paktis di Lingkungan Pendidikan).
Taufik, A. (2019). Teacher interaction, emotional, teaching and learning process. El-Ghiroh, XVI(01), 1–13.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.512
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Kaliana Fatikah Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License