Pengembangan Buku Komik Bacaan “Koceling” untuk Membangun Kesadaran Anti Bullying Siswa Sekolah Dasar

Nadia Rahmawati, Susanti Faipri Selegi, Sri Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku komik bacaan berjudul “KOCELING” (Komik Cegah Bullying) sebagai sarana edukatif dalam membangun kesadaran anti-bullying pada pada siswa sekolah dasar. Permasalahan bullying yang kerap terjadi di lingkungan sekolah dasar menuntut adanya pendekatan edukatif yang menarik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dengan tahapa Define, Design, Development dan Dissemination. Subjek uji coba terdiri atas siswa kelas V SD Negeri 13 Lahat.Proses validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli Bahasa. Hasil persentase kelayakan ahli media 88%, ahli materi 86,6%, dan ahli Bahasa 89,3% maka dapat dikategorikan sangat valid. Sedangkan untuk praktis melalui angket siswa uji coba one to one sebesar 96%, uji coba small group 93,2%, dan hasil respon seluruh siswa sebesar 92,7% maka dikategorikan “ sangat praktis”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku komik KOCELING sangat layak digunakan sebagai media alternatif dalam membangun kesadaran anti-bullying pada siswa sekolah dasar.

Keywords


Model 4D, komik edukatif, buku “KOCELING”. Buku bacaan

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku school bullying pada siswa sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar.

Herlina, Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2023). Waspada tindakan bullying dan dampaknya terhadap dunia pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran komik untuk meningkatkan hasil dan minat belajar matematika peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1).

Pramesthi, A. V., & Reza, M. (2021). Pengembangan buku cerita anti perundungan pada anak usia 5–6 tahun: Indonesia. PAUD Teratai, 10(2), 83–92.

Rahmanto, P., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Pengembangan media komik untuk mencegah perilaku bullying siswa kelas VII. Jurnal Genta Mulia, 10(2).

Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020). Pencegahan bullying dalam pendidikan karakter melalui peran guru di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2.

Suryanti, I., & Arafat, Y. (2018). Implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab di SD Negeri 18 Air Kumbang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 200–206.

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis smartphone untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90.

Yuyarti, Y. (2020). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).

Zefitri, Y., Hakim, L., & Selegi, S. F. (2024). Pengembangan media pembelajaran video tutorial project ecoprint pada Kurikulum Merdeka sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Saputro, H. B., & Soeharto, S. (2019). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61-72.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nadia Rahma Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License