Analisis Iklim Belajar dalam Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar

Suharni Suharni, Noviati Noviati, Susanti Faipri Selegi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklim belajar dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi di kelas V SDN 225 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.  Informan kunci penelitian ini adalah Wali kelas V dan peserta didik kelas V SDN 225 Palembang. Data yang terkumpul kemudian dikaji dan dipresentasikan secara deskriptif kemudian dianalisis untuk meperoleh data yang akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim belajar di SDN 225 Palembang, yang meliputi suasana pembelajaran di kelas, hubungan antar peserta didik, aktivitas belajar mengajar, kondisi fisik ruang kelas, dan kedisiplinan peserta didik, memberikan kontribusi yang positif dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini tercermin dari hubungan yang baik antara guru dan peserta didik, ruang kelas yang memadai, adanya perhatian terhadap kebutuhan belajar masing – masing peserta didik. Namun demikian, guru juga menghadapi kendala, terutama dalam menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar masing – masing pesrta didik, mengingat jumalah peserta didik yang cukup banyak. Dengan demikian, meskipun iklim belajar sekolah mendukung, tetap diperlukan strategi yang tepat agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan dengan optimal.

Full Text:

PDF

References


Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Pertiwi, P. I. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 683-687.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. jurnal basicedu, 6(1), 2298.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset Dan Teknologi. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kukikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset Dan Teknologi.

Khoirunnisa, M. I. (2022). Korelasi Antara Gaya Belajar (Visual, Auditory, Kinesthetic) Dengan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Muhammadiyah TangkitBatu Natar (Doctoral dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Lilik Sudarmawan, Mujiyanto, M., & Ayu Yadnyawati, I. (2024). Pengaruh iklim belajar dan kecerdasan emosional (eq) terhadap prestasi belajar pada nilai akademik siswa beragama buddha. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 9(2), 73–84.

Nuraini, F. (2021). Studi Analisis Terhadap Iklim Belajar Sekolah Dasar Negeri 006 kuala Lahang Kecamatan Gaung. Riau.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Rusi R.A. (2021). Pengaturan Iklim Belajar Kelas.Universitas Djuanda. Bogor.

Susanti, F.S., Putri, D.N., Kiki, A., & Arief, K. 2023. Strategi Pembelajaran. Sumatera Barat: CV Azka Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Suharni arni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License