Evaluasi Program Kegiatan Gerakan Etam Mengaji di SD Negeri 035 Tenggarong
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang bertujuan untuk mengevaluasi program gerakan etam mengaji di SD Negeri 035 Tenggarong. Program gerakan etam mengaji ini diselenggarakan pada seluruh lembaga di Kabupaten Kutai Kartanegara terutama pada lembaga pendidikan sebagai dedikasi yang diberikan oleh Bupati-Wakil Bupati Kutai Kartanegara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualititif deskriptif. Sedangkan model evaluasi yang digunakan adalah model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Model ini membantu menghubungkan antara evaluasi pada konteks, masukan, proses dan produk dari program Gerakan Etam Mengaji (GEMA) ini. Pada kegiatan evaluasi ini, evaluator akan mengevaluasi penerapan dari program Gerakan Etam Mengaji (GEMA) di SD Negeri 035 Tenggarong ini dengan menggunakan metode tilawati. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan evaluasi ini bisa menjadi sarana baik bagi pendidik maupun sekolah untuk mampu terus melakukan perbaikan dalam melaksanakan program gerakan etam mengaji ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an.
Full Text:
PDFReferences
Malik Ibrahin, Misykat. (2018). Penelitian evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kulitatif). Makassar: Alauddin University Press
Hikamwati, Fenti. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.508
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dian Saputri, Agus Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License