Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran PPKN di SMA Kristen Palangka Raya

Herlina Pasha, Triyani Triyani

Abstract


Penelitian ini mengkaji implementasi kode etik guru dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA Kristen Palangka Raya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggali pemahaman guru PPKn tentang kode etik profesi dan implementasinya dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn di SMA Kristen Palangka Raya memiliki pemahaman yang memadai tentang kode etik guru sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesional. Implementasi kode etik guru tercermin dalam tiga aspek utama: hubungan guru dengan peserta didik yang mengedepankan prinsip keadilan dan non-diskriminasi, integrasi nilai-nilai Kristiani dalam pembelajaran PPKn, serta keteladanan perilaku guru dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga mengidentifikasi strategi dalam menghadapi tantangan implementasi kode etik guru, seperti memperkuat program pengembangan profesional dan membentuk komunitas belajar profesional. Dampak positif dari implementasi kode etik guru terlihat pada terciptanya lingkungan pembelajaran yang demokratis, inklusif, dan berorientasi pada pengembangan karakter, yang pada akhirnya berkorelasi positif dengan pembentukan karakter kewarganegaraan siswa.

Keywords


Kode Etik Guru, PPKn, Nilai Kristiani, Pendidikan Karakter, Profesionalisme

Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2020). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Alfabeta.

Darling-Hammond, L. (2020). Pendidian Guru yang Berpengaruh:Pelajaran dari Program-Program Teladan. PT Indeks.

Doni Koesoema A. (2018). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi kode etik guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151–169.

Lickona, T. (2019). Character matters: How to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. Touchstone.

Murdiono, M., & Wuryandani, W. (2020). Global Citizenship Values in the Student’s Book of Pancasila and Civic Education.

Pane, A., & Nailatsani, F. (2022). Kode Etik Guru Menurut Perspektif Islam. Forum Paedagogik, 13(1), 24–38.

Prihanto, J., Deak, V., & Linugroho, Y. (2023). Implementation of the Code of Ethics in Improving the Professionalism of Christian Religious Education Teachers. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 2(5), 672–961.

Sidjabat, S. , & S. J. (2022). ntegrasi nilai Kristiani dan Pancasila dalam pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Studi Agama Dan Pendidikan.

Soetjipto & Kosasi, R. (2019). Profesi Keguruan. . Rineka Cipta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Tilaar, H. A. R. (2020). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Herlina Pasha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License