Pemanfaatan Media Peta Negara Maju dan Negara Berkembang UPT SD Negeri 063 Aek Nauli II

Johannes Kelliat, Nisa Kelnia Br Sinuraya, Yosefu Gule

Abstract


Tujuan dari studi ini adalah untuk mengenali ketersediaan serta cara pemanfaatan media peta dalam proses pembelajaran IPS Geografi pada materi pokok Negara Maju dan Negara Berkembang di UPT SD Negeri 063 Aek Nauli II. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru yang mengajarkan mata pelajaran IPS Geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan media peta di sekolah sudah memadai, dengan berbagai jenis peta seperti Peta Indonesia, Peta Dunia, Peta ASEAN, dan lainnya. Kondisi media peta yang baik berkontribusi terhadap kelancaran proses pembelajaran. Pemanfaatan media peta oleh guru dalam menjelaskan materi mengenai Negara Maju dan Negara Berkembang telah berlangsung efektif, dengan siswa aktif dalam menggunakan peta untuk memahami konsep geografi. Proses pembelajaran yang kondusif dan aktif turut mendukung keberhasilan penggunaan media peta. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media peta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi di SD Negeri 063 Aek Nauli II. 


Keywords


Media, Peta, Negara maju, Negara berkambang, Pembelajaran IPS Geografi.

Full Text:

PDF

References


Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) pada Materi IPS untuk Siswa Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.386

Balciogullari, A. (2017). The Evaluation of Mapping and Its Effects on Learning in Geography Lessons According To Social Studies Students. International Journal of Research in Engineering and Technology, 6(16), 1–7. https://doi.org/10.15623/ijret.2017.0616001

Basyari, I. W., Sugiarti, I. Y., & Karimah, N. I. (2022). Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Media Pembelajaran Literasi Peta pada KKG SD Kota Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.149

Chandra, D., Wilis, R., Frananda, H., Rahmi, L., Arif, D. A., Wijayanto, B., & Putra, A. (2019). Pembuatan Peta Timbul Sebagai Media Pembelajaran Geografi. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 211–221. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2139

Dewi, N. ., Wesnawa, I. G. A., & Kertih, I. . (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Peta Pikiran, Keterampilan Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 21–33. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.242

Iswari, H. T., Sumardi, & Giyartini, R. (2021). Studi Literatur: Peta sebagai Media Pembelajaran Keragaman Budaya Indonesia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 265–275. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35333

Maharani, W., & Maryani, E. (2016). Peningkatan Spatial Literacy Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Peta. Jurnal Geografi Gea, 15(1), 46–54. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4184

Mauliza, E., Minarni, & Marfida. (2022). Penggunaan Media Peta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Serambi Konstruktivis, 4(2), 84–94.

Megawaty, D. A., Damayanti, D., Assubhi, Z. S., & Assuja, M. A. (2021). Aplikasi Permainan Sebagai Media Pembelajaran Peta Dan Budaya Sumatera Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komputasi, 9(1), 58–66. https://doi.org/10.23960/komputasi.v9i1.2779

Ningrum, S. S., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Penggunaan Media Peta dalam Membantu Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 SD pada Materi Kondisi Geografis Indonesia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 471–480. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i3.53454

Niswatin, S. (2022). Penerapan Model Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Negara Maju dan Negara Berkembang Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS di MAN 2 Bojonegoro. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(1), 29–40. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5883

Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.52

Purnomo, D. (2018). Utilization Of Learning Media My Map My Adventure To Increase Geography Learning Results. Jurnal GeoEco, 4(2), 164–170.

Putra, I. P. Y. P., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2023). Project-Based Learning Media: Embossed Maps of Social Studies Material Content. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(1), 12–21. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i3.66285

Qurrotaini, L., & Putri, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran “MAPENA” Mainan Peta Anak Pada Pembelajaran IPS SD. Holistik: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(2), 131. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.131-137

Rahmawati, E., & Dewi, G. K. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Peta Tiga Dimensi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 10–18. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1340

Rasiman, I., Taseman, Kartikasari, I., Laili, M., Muzdalifa, & Maryam, S. (2020). Pemanfaatan Media Peta dalam Pembelajaran IPS Kelas V di MI Al-Muniroh 1 Ujung Pangkah. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.2

Simanullang, N. R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Melalui Media Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 64–73.

Sulaiman, Damayanti, P. S., & Siffa, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Replika Peta Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i1.323

Vitriana, N., Listiana, Z., & Muna, I. I. (2024). Pemanfaatan Media Peta Dalam Proses Pembelajaran IPS. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 5(5), 1–13.

Windiyani, T. (2016). Penggunaan Media Peta untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 337–342. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v8i1.4910

Zahrawati, F., Andriani, A., Asrikayana, A., Darma, D., Agustina, A., & Purwanto, A. R. (2023). Constraints in the Utilization of Map and Globe Media in Geography Learning. MANDALIKA : Journal of Social Science, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56566/mandalika.v1i1.53

Zakiyatun, C., Cawang, & Kurniawan, R. A. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2). https://doi.org/10.29406/arz.v5i2.629

Zein, A. S., Bachri, B. S., & Dewi, U. (2025). Pengembangan Media Peta Interaktif dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) di Kelas VII Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 916–927. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1097




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i4.488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Johannes Kelliat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License