Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Conversation Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

Muslimin Muslimin, Mulyo Prayitno, Oktavian Arianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru dalam meningkatkan kemampuan conversation bahasa Inggris siswa kelas V di SD Wedarijaksa 1, Pati, Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting sebagai fasilitator dan motivator yang mendorong partisipasi aktif serta rasa percaya diri siswa dalam berbahasa Inggris. Penerapan strategi pengajaran seperti role play, diskusi kelompok, dan pemanfaatan media digital terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa. Kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan siswa, dapat diatasi guru melalui pemberian tugas tambahan dan bimbingan individual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran optimal guru serta penerapan metode interaktif sangat penting untuk meningkatkan kemampuan percakapan siswa, dan disarankan agar sekolah mendukung dengan menyediakan fasilitas teknologi yang memadai serta mengembangkan metode pengajaran yang lebih kreatif.

Keywords


Peran Guru; Meningkatkan Kemampuan Conversation, Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 474–480.

Darmawati, Tursinawati, & Irnanda, S. (2015). Tanggapan Guru terhadap Penggunaan Modul English Classroom Language (ECL) bagi Guru Sekolah Dasar dalam Peningkatan Komunikasi Bahasa Inggris di Kota Banda Aceh. 4, 44–49.

Cardino, Z., & Naparan, G. (2023). Staying In The Private Catholic School: A Case Study Of Teacher’s Experiences. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(2), 89-106.

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467.

Firmansyah, M. H., Purnama, F., Komunikasi, P. I., Garut, U., Jaya, C. R., Garut, L., & Komunikasi, M. (2021). Bahasa Inggris Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran. 1(1), 43–59.

Inayah, Y., & Sya, M. F. (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 339–345. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7822%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7822/3510

Indasari, N. L., & Amaliati, S. (2023). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Acitya Bhakti, 3(2), 138. https://doi.org/10.32493/acb.v3i2.30190

Kusumaningtyas, E. D., & Sulistiyaningsih, E. F. (2022). Meningkatkan Kepekaan Guru tentang Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka. JPKM Cahaya Negeriku, 2(2), 35–42. https://cahayanegeriku.org/index.php/jpkm/article/view/47%0Ahttps://cahayanegeriku.org/index.php/jpkm/article/download/47/45

Madjid, M. (2023). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Metode Role-Play Bagi Siswa Smp Sit Ikhtiar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.4 No.(6), 13318–13324.

Maili, S. N., & Hestiningsih, W. (2017). Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2607

Maghanoy, N., Valmorida, F. M., Jumawan, L., Mahinay, F., & Lanurias, M. R. (2024). Navigating Loss: Exploring The College Students’ Experiences of Coping with The Death of a Parent. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 2(1), 17-34.

Meylina, M., & Mulyaningsih, S. (2023). Edukasi Bahasa Inggris Dasar untuk Anak-Anak Setingkat Sekolah Dasar di Kelurahan Korong Gadang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(4), 186–193. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.563

Nurfadilla, I. P. (2022). Optimalisasi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (JIPP), 1(3), 120–134. https://doi.org/10.31571/jipp.v1i3.4762

Nuriah, S. S., & Khoirunnisa, P. (2024). Analisis Macam-Macam Metode Pembelajaran Bahasa Inggris ; Analysis of Various English. 3, 5754–5766.

Ratnadi, N. N. A., Arlinayanti, K. D., & Marleni, K. D. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogika, 13(Nomor 2), 192–199. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1693

Roiyanita, Azarinatur; Bahtiar, R. S. (2023). Kajian Literatur Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Untuk Belajar Aktif Dan Mandiri Di Tingkat Sekolah Dasar. ELEMENTA: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 5(1), 54–71. https://doi.org/10.33654/pgsd

Romasta Naiborhu. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 7–12.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 223–453. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2566

Sugiman, S., & Marom, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Guru Dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Lesson Study Pada Sd Negeri 04 Muryolobo Jepara. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 46-57.

Zananda, T. F. (2019). Belajar Komunikasi Dalam Bahasa Inggris. 1–13.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muslimin Muslimin, Mulyo Prayitno, Oktavian Arianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License