Penerapan Metode Wafa dalam Meningkatkan Permulaan Aksara Baca Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun

Suci Kasriani Putri, Rahmatia Rahmatia, SYamsul Alam Ramli

Abstract


Studi dilaksanakan bertujuan agar bisa meningkatkan keterampilan baca al-Qur'an anak-anak berusia lima hingga enam tahun. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus: pra-aksara, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan lima belas orang yang berusia antara lima dan enam tahun. Studi ini menganalisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif Dalam studi ini, dokumentasi, observasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil studi menunjukkan bahwa hasil observasi sebelum tindakan (prasiklus) menunjukkan bahwa dari 15 anak, 14 anak (93%) berada Dalam kategori belum berkembang (BB), 1 anak (6%) tetap dalam kategori BB, 11 anak (73%) mulai berkembang (MB), dan 1 anak (6%) berkembang sesuai harapan (BSH). Pada Siklus II, tidak ada anak dalam kategori BB, tetapi 2 anak mulai berkembang (MB), dan 13 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan yang ditargetkan telah tercapai.


Keywords


Wafa, Aksara, Al-qur'an

Full Text:

PDF

References


An, H. A., & Hakim, R. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN DAN. 9(1), 179–193.

Annuri, A. (2010). Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Alkautsar.

Ansori, S. B. (2023). Pembelajaran Agama Islam Berkualitas Melalui Sentuhan Quantum; Quantum Teaching Dan Quantum Learning. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 209–222. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.5045/http

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Dwiyanti, D., Muhamad, A., & R, M. (2020). Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Pengenalan Al-Qur’an Pada Anak kelompok A TKIT Al-Mumtaz Pontianak. Journal Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan Pontianak, 9(1), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/38624/75676584762

Hamdayana. (2019). Metodologi Pengajaran. PT Bumi Aksara.

Iskandar, D. & N. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa. Ilya.

Jannah, S. F. (2021). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an dan Upaya Pemecahannya Di Smp Muslimin 5 Cibiru Bandung. Tafhim Al-’Ilmi, 12(2), 254–262. https://doi.org/10.37459/tafhim.v12i2.4455

Kurniasari, R. (2020). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2111

Meidina Citra Wibowo. (2021). Penerapan Metode Wafa dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Lembaga Majlis Khairun Nisa’Kramat Sukoharjo Tanggul. Institut Agama Islam Negeri Jember.

Muthohar, S. (2024). Efektifitas Penggunaan Metode Wafa dalam Pembelajaran Al- Qur ’ an di RuTaba ( Rumah Tahfidz Balita ). Efektifitas Penggunaan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Al Quran Di RuTaba, 5(2), 37–49. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.707

Pebriana, E., Sari, B. M., & Abdurrahman, Y. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Strategi Pembelajaran Tugas Dan Paksa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 274–287. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.109

Putrawangsa. (2018). Desain Pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.

Qisom, S. (2019). Wafa Belajar Al-Quran Metode Otak Kanan. Yayasan Safa’atul Qur’an Indonesia.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Reksamunandar, R. P., Kahar, A. A. D. Al, Ardianto, & Wangi, M. (2020). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VI MI Plus Assalam Manado. Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif Dan Humanis, 2(1), 40–45. http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/tarsius

Ridha, Z., Fuadi, A., Jam, S., & Pura, T. (2023). Penerapan Metode Wafa ( Otak Kanan ) Dalam Meningkatkan Hafalan Al- Qur ’ an Mata Pelajaran Tahfiz Qur ’ an Siswa Kelas VII MTs Ubudiyah Pangkalan Brandan PENDAHULUAN Al- Qur ’ anul Karim adalah mukjizat Islam yang kekal dan mukjizatnya selalu diperkuat o. Journal of Education and Social Analysis, 4(1), 186–192.

Safriani, R. M., & Hudha, M. C. (2024). Penerapan Metode Wafa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur ’ an di SDIT Tawakkal Pacitan. 2(5).

Siahaan, K. W. A., Sinabutar, A. T., & Haloho, U. N. (2020). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak SD Kevin William Andri Siahaan, Ayu Theresia Sinabutar, Uci Nursanty Haloho. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 175–182.

Singgarani, W. A., Arifin, Z., & Faturrohman, N. (2021). Implementasi Metode Wafa pada Pembelajaran Tahsin Al- Qur ’ an di SMAIT Harapan Umat Karawang. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 46.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Suci Kasriani Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License