Pengaruh Metode Brainstorming terhadap Kemampuan Membaca Geguritan Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami materi geguritan. Kesulitan ini timbul karena metode pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi geguritan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan membaca geguritan siswa kelas V SDN 3 Sumanding. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest dengan melibatkan 25 siswa. Data dikumpulkan melalui tes praktik membaca geguritan sebelum dan sesudah penerapan metode brainstorming. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest (55,20) ke posttest (82,40). Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov mengonfirmasi distribusi normal data. Selanjutnya, uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan t-hitung 20,052 > t-tabel 2,05954, menunjukkan penolakan H0 dan penerimaan Ha. Temuan ini membuktikan adanya pengaruh signifikan metode brainstorming terhadap peningkatan kemampuan membaca geguritan. Selain itu, metode ini juga terbukti mendorong partisipasi aktif siswa dan mengembangkan ide kreatif dalam pembelajaran bahasa Jawa. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa metode brainstorming dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan membaca geguritan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Surabaya: Airlangga University.
Ansori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Edisi 1. Surabaya: Airlangga University.
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497-5511.
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Firdaus, A., Wahdah Humaira, H., & Firdaus, A. (2019). Pengaruh Metode Brainstorming terhadap Menulis Persuasif Siswa Kelas VIII SMPN 15 Sukabumi. Basastra, 8(2), 142.
Haidar, A. W., & Maunah, B. (2024). Penerapan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kognitif Peserta Didik IPS Kelas XI SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 202-218.
Hamdayama Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamdan Ardiansyah. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Kemampuan Awal Peserta Didik di SMA N 1 Cisarua. Indonesian Journal Of Economics Education, Vol 1, No 1, 35.
Hanny, S. K. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Hawa, S. (2023). Penerapan Metode Brainstorming Melalui Media Dari Youtube Pada Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Topik Disiplin Diri Di Kelas Vii-3 Semester 1 Smpn 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 3(1), 124-134.
Intan, P. (2021). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Literasi Lingkungan Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Kaharuddin Andi, Hajeniati Nining. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif (Pedoman Untuk Penelitian PTK dan Eksperimen). Bandung : CV. Berkah Utama.
Mudlofir Ali, R. F. E., (2016). Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Depok: PT. Grafindo Persada.
Mukrimah, S.S. (2014). 53 Metode Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Primadyaningsih, K., Kamsiyati, S., & Markamah, E. S. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun. Pgsd Fkip Universitas Sebelas Maret.
Purwanza Dkk., S. W. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. In News.Ge (Issue March).
Rahmad Saeful Pupu. (2019). Strategi Belajar Mengajar . Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka. Ridwan Abdullah Sani, 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach.Deepublish.
Sari, G. A. (2020). Pembentukan Karakter Sopan Santun Melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Krama (Penelitian Pada Siswa Sd Negeri Tanggulrejo 1 Tempuran Kabupaten Magelang) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perhitungan Manual & SPSS. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tampubolon, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 164319 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(3), 238-246.
Utari, Y. M. (2023). Efektivitas Metode Brainstorming Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
Widiandhieka, A. P. T., Winarni, R., & Daryanto, J. (2023). Analisis Permasalahan Proses Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Geguritan Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).
William, W., & Hita, H. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan Powerpoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal SIFO Mikroskil, 20(1), 71-80.
Wiranti, D. A., Afrianingsih, A., & Mawarti, D. A. (2018). Penggunaan Bahasa Jawa Krama Sebagai Fondasi Utama Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Universitas Islam Nahdlotul Ulama 6 (1), 19-22, 2018.
Yulianto, R. F., Syaiful, M., & Basri, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X-1. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 7(01), 1-12.
Zega, Y. K. (2022). Peran Guru Pak Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70-92.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dwiana Asih Wiranti, Zumrotun Ni'mah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License