Hubungan antara Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan signifikansi pengaruh kompetensi professional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen siswa SMP Negeri 10 Kota Kupang. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Kupang yang berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh. Skala kompetensi profesional diadaptasi dari Permendiknas No 16 Tahun 2007. Skala kinerja guru diadaptasi dari Permen PAN No. 16 Tahun 2009. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, sementara prestasi belajar dihitung dari nilai raport semester I. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen: 1). Hasil analisis tentang hubungan kompetensi profesioanal guru (X₁) terhadap prestasi belajar PAK (Y) di SMP Negeri 10 Kota Kupang diperoleh dengan koefisien korelasi 0,38. Data nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional guru pada kategori tinggi yaitu pada kulitas instrumen 75,87%; 2). Hasil analisis tentang kinerja guru (X2) terhadap prestasi belajar PAK (Y) diperoleh koefisien korelasi 0,64. Menurut nilai korelasi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel kinerja guru (X2) dan prestasi belajar PAK (Y). Nilai korelasi menunjukkan bahwa variabel kinerja guru terhadap prestasi belajar PAK berada pada tingkat kualitas yang tinggi, yaitu 78,61%. 3). Hasil analisis statistik tentang korelasi product moment antara kompetensi profesional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang menunjukkan nilai Thitung 0,71. Hasil ini dikonfirmasi oleh Tabel dengan taraf signifikansi 0,5%, dengan jumlah responden 61 dan taraf signifikansi 5% = 0,254. Dengan demikian, ada korelasi antara kinerja guru dan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adoe, J. C. yonarti, Meha, A. M., & Foeh, Y. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Ppl Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang Kelas Viii Di Smpnegeri 10 Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi, 2(3), 123–131. https://doi.org/10.33323/indigenous.v2i3.36
Awaliatul Fajri, Imas Kania Rahman, S. L. (2011). Hubungan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Skripsi, 76(8), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Erlangga.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif : Suatu pendekatan teoritis psikologis. Rineka Cipta.
Effendi, E., & Nuryana, N. (2020). Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Subulussalam 2 OKU Timur. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 41–45. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.543
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Mangasok, A. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah [Universitas Negeri Gorontalo]. https://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2013-1-87203-911409013-abstraksi-30072013062139.pdf
Mone, M., Manu, T. S. ., & Meha, A. M. (2021). Pengaruh Model Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (Pbmp) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smp Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.33323/indigenous.v4i1.68
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Puspita Sari, P. (2021). Evaluasi Keterampilan Mengajar Mengadakan Variasi Mahasiswa Pgsd Semester Vi Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 113. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha
Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.
Rifa’I Achmad dan Anni T. Catharina. (2009). Psikologi Pendidikan. Unnes Press.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Research Methods). Penerbit Alfabeta.
Sulastri Herdiani. (2017). EFEKTIVITAS KINERJA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Volume 5, 1–17.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Takaendengan, W., Maradesa, I. J., & Takaendengan, B. R. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(04), 16174–16183.
Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional (14th ed.). Remaja Rosdakarya.
Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yusmina Eliseba Hauoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License