Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran Tematik bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Tumbang Rungan

Pri Ariadi Cahya Dinata, Rosmaida Simatupang, Theo Jhoni Hartanto

Abstract


Pembelajaran yang didominasi guru membuat siswa kelas IV di SDN 1 Tumbang Rungan pasif dan aktivitas belajar mereka minim. Untuk mengatasinya, diperlukan pembelajaran yang mendorong siswa belajar dalam kelompok untuk membangun pengetahuan. Karenanya, penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Tematik di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpul data berupa dokumen pekerjaan siswa, soal evaluasi dan lembar observasi. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 70,8, siklus 2 sebesar 71,5, dan siklus 3 sebesar 77,4. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68, siklus 2 sebesar 68,05, dan siklus 3 sebesar 70,68. Hasil tersebut menunjukkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik. Mengacu pada indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini, maka penelitian ini dinyatakan berhasil karena siswa yang memenuhi KKM melebihi 70%.

Keywords


Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Agustin, I., Amin, A., & Arini, W. (2019). Penerapan pendekatan scientific terhadap aktivitas belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuklinggau tahun pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 121–129.

Anatasya, E., Cahyani, K., Ulfiah, Z., & Windayana, H. (2022). Pengembangan mutu pendidikan ditinjau dari pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.235

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Arsyad, E. (2019). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika berbasis PBL. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4). https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.232

Barbot, B., Cerda, K., & Teo, T. (2020). Negative ideation in creative problem-solving is task-specific too: Evidences from a sample of incarcerated juveniles. In Thinking Skills and Creativity (Vol. 38, p. 100740). Elsevier BV. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100740

Besley, J. C., Dudo, A. D., Yuan, S., & Ghannam, N. A. (2016). Qualitative interviews with science communication trainers about communication objectives and goals. In Science Communication (Vol. 38, Issue 3, pp. 356–381). SAGE Publications. https://doi.org/10.1177/1075547016645640

Brathatapa, N. G. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn pada materi kewenangan lembaga – lembaga negara. Journal of Education Action Research, 5(2). https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33349

Cahyono, I. K. S., & Rati, N. W. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran bahasa indonesia) siswa kelas III. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35753

Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model pembelajaran problem based learning meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran IPA) pada siswa kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859

Djajadi, M. (2019). The use of outdoor study methods in physics kinematics learning (a classroom action research). Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2). https://doi.org/10.26618/jpf.v7i2.2070

Firdaus, R. (2022). Peningkatan hasil belajar tema 8 sub tema 1 tentang jenis usaha ekonomi mata pelajaran IPS melalui metode role playing kelas VB SDN Dirgahayu Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1).

Fitriyanti, F., F, F., & Zikri, A. (2020). Peningkatan sikap dan kemampuan berpikir ilmiah siswa melalui model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional., Sekretaris Negara Republik Indonesia 1 (2003).

Jumarniati, J., & Anas, A. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa program studi PGSD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.113

Khasanah, D. U., Reffiane, F., & Karmila, M. (2021). Pengaruh model pembelajaran based learning berbasis etnosains tema lingkungan sahabat kita terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Lebak Jepara Jawa Tengah. Dwijaloka, II(1).

Kondoalumang, S. O., Rindengan, M. E., & Sumilat, J. M. (2022). Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2492

Li, Y., & Anderson, J. (2020). Developing teachers, teaching, and teacher education for integrated STEM education. In Advances in STEM Education (pp. 353–360). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-52229-2_19

Maryana, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa materi perpindahan kalor kelas V SD Negeri 35 Palembang. Scholastica Journal : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 2(1). https://doi.org/10.31851/sj.v2i1.7564

Pakpahan, R. A. (2022). Improving students’ scientific literacy through problem based learning. Jurnal Pendidikan LLDIKTI Wilayah 1 (JUDIK), 2(02). https://doi.org/10.54076/judik.v2i02.257

Puspita sari, A. S., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2022). Upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan media rainbow board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1687

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735

Sofyan, H. (2018). Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini dengan pendekatan tematik. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1).

Stefani, S., Elva, N., & Sumiati, C. (2021). Peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis TPACK di kelas V SDN 07 Pandam Gadang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1379

Suparmini, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar penjasorkes pada siswa kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 5(1). https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559

Sutini, N. M. (2022). Model pembelajaran problem based instruction untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas III SD. Journal of Education Action Research, 6(2). https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45816

Syafputri, D., & Rifda Eliyasni. (2022). Peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning (PBL) di kelas III SDN 05 sintuk toboh gadang. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(4). https://doi.org/10.58737/jpled.v2i4.76

Wahyuni, S. (2020). Penerapan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Widodo, W., & Sriyono, H. (2020). Strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 7–12.

Yusita, N. K. P., Rati, N. W., & Pajarastuti, D. P. (2021). Model problem based learning meningkatkan hasil belajar tematik muatan pelajaran bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36995




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pri Ariadi Cahya Dinata, Rosmaida Simatupang, Theo Jhoni Hartanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License