Konseptualisasi Pendidikan Nilai, Tidak Di Ka'bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu, Husein Ja’far Al-Hadar

Muhammad Yusron

Abstract


perilaku yang diamati dengan cara mencari dan mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam buku “Tidak Di Ka‟bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja‟far Al-Hadar.” Nilai-nilai pendidikan Islam memuat nilai akidah, nilai ibadah Nilai-nilai pendidikan agama Islam merupakan pondasi utama serta mendasar dalam mewujudkan sebuah perubahan. Hanya dengan pendidikanlah paradigma, sikap, persepsi dan akhlak umat manusia dapat berubah dan terarah. Pendidikan agama Islam pada dasarnya bertujuan untuk meciptakan manusia yang didasarkan kepada nilai-nilai Islam dan manusia hidup di dunia adalah bertujuan untuk hanya menyembah kepada Allah Swt. Pembentukan akhlak dan nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik merupakan suatu hal yang amat penting dan harus diperhatikan sebagai proses pembinaan nilai pendidikan Islam. Buku merupakan karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, moral dan pendidikan, termasuk mengandung nilai-nilai pendidikan gama Islam di dalamnya. Sehingga perlu dilakukan kajian terhadap nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam buku yang berjudul “Tidak Di Ka'bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja'far Al-Hadar” yang mana pada pembelajaran dapat difungsikan sebagai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koseptualisasi nilai-nilai pendidikan agama islam Islam yang terdapat pada buku tersebut. Sedangkan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah konsep nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam “Tidak Di Ka’bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), mengambil sumber yang memiliki keterkaitan tema dengan judul menggunakan teknik Content Analysis atau analisis isi dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan serta nilai akhlak yang terkandung dalam buku “Tidak Di Ka‟bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja'far AlHadar.” Diuraikan secara urut dan diiringi setiap kutipan kemudian diklasifikasikan dalam bentuk tabel. Diperoleh kesimpulan pada aspek akidah, beriman kepada Allah, beriman kepada kitab Allah, dan beriman kepada Rasulullah. Pada aspek akhlak dengan menjaga sikap perilaku terhadap Allah SWT., orang tua, diri sendiri dan sesama makhluk. Dari aspek ibadah, yakni menjalankan shalat, berpuasa, dan selalu berdoa kepada Allah.


Full Text:

PDF

References


Al-Hadar, H. J. (2022). Tidak Di Ka‟bah, Di Vatikan, Atau Di Tembok Ratapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daniel, Y. I. (2014). Aqidah Islam. Semarang: Yayasan Do‟a Para Wali.

Hidayat, E. (2019). Pendidikan Agama Islam: Integrasi Nilai-nilai Akidah, Syariah dan Akhlak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Husein Ja'far Al-Hadar. (2012). Tidak Di Ka'bah, Di Vatikan, Atau Di Tembok Ratapan. Jakarta: Noura Books .

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013.

RI, D. A. (2006). Al-Qur‟an dan Terjemahannya,. Jombang: Lintas Media.

Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: T. Remaja Rosdakarya.

Umiarso, & Zamroni. (2016). Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Barat & timur . Arruzz media, h. 7.

Wahyuni, D. (2020). MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SASTRA MELALUI PERKEMBANGAN ERA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Agama Islam.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Yusron

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License