Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Mendengar Untuk Pembelajar Bahasa Asing

Anna Musyarofah

Abstract


Proses pembelajaran bahasa asing tidak terlepas dari pembahasan mengenai materi, strategi, media yang digunakan dan evaluasi pembelajaran. Akan tetapi dalam mengevaluasi pembelajaran bahasa asing, seperti halnya bahasa Arab belum banyak terdapat penelitian yang fokus pada pengembangan instrumen tes yang sesuai dengan tujuan keterampilan bahasa Arab itu sendiri. Oleh karena itu pengembangan instrumen tes dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mendesain tes yang dapat digunakan untuk mengukur serta mengevaluasi keterampilan pembelajaran bahasa asing yaitu maharah istima’ atau lazim disebut dengan keterampilan mendengar bahasa Arab. Pengembangan instrumen tes pada penelitian ini merujuk pada tujuan keterampilan istima’ menurut Mahmud Kamil An-Naqah dan metode penelitiannya adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada langkah Borg dan Gall menurut Sugiyono. Tahapan ini mempunyai sepuluh langkah pengembangan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk tahap awal, revisi produk, uji coba produk tahap akhir, revisi produk, dan pembuatan produk massal. Hasil penelitian dan pengembangan ini menganalisa tingkat valid dan reliabel suatu instrumen tes. Kemudian tingkat kesukaran tes dan daya beda intrumen tes tersebut. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari tes yang diujicobakan dan dianalisis didapat 18% soal tidak signifikan dan 60% soal sangat signifikan. Sedangkan tingkat korelasi antara skor item dengan skor total diperoleh nilai 0,86 yang ini berarti terdapat korelasi yang tinggi terhadap tes yang dibuat. Kemudian dari hasil analisis reliabilitas soal diperoleh nilai sebesar 0,92. Ini berarti instrumen tes mahārah istimāʻ mempunyai reliabilitas yang sangat tinggi.

Keywords


pengembangan, instrumen tes, keterampilan mendengar, pembelajar bahasa asing

Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid. (2010). Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Achmad Noor Fatirul. (2021). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Ali Mustadi, dkk. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.

Asep Maulana. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Betty Mauli Rosa Bustam.(2021). Pendidikan Bahasa Arab untuk Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: UAD Press.

Burhan Nurgiyantoro. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Heri Retnawati. (2016). Validitas, Reliabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Nuhamedika.

Ila Nafilah. (2013). Pengembangan Tes Menyimak Dengan Ancangan Integratif. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Izzuddin Musthafa dan Acep Hermawan. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mahmud Kamil An-Naqah. (1985). Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah Li an-Natiqina Bilughatin Ukhra. Mamlakah al-‘Arabiyyah As-Su’udiyyah: Jami’ah Ummu al-Qura.

Muhammad Ali Al-Kamil. (2011). al-Muwajjih Litaʻlīm al-Mahārah al-Lugawiyyah. Malang: UIN Maliki Press.

Munir.(2016). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Musthofa Ahmad Sulaiman dan Nasif Musthofa ‘Abdul Aziz. Tadribat Fahmul Masmu’. Riyad: Mamlakah Al-‘Arabiyyah As-Su’udiyyah.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmat Danni,dkk. (2022). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Banten: Media Edu Pustaka.

Samsul Hadi. (2013). Pengembangan Computerized Adaptive Test Berbasis Web. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Setya Yuwana Sudikan,dkk. (2023). Metodologi Penelitian dan Pengembangan dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sri Suharti,dkk. (2021). Psikolinguistik. Aceh:Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Hadi. (1986). Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Zamzam Afandi Abdillah. (2014). Al-Maharat al-Lughawiyyah. Handout. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anna Musyarofah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License