Efforts to Improve Teacher Competence With the Implementation of A Pesantren-Based Multiple Intellegences-Based Learning Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, Said & Andi Budimanjaya. (2015). Strategi Mengajar Multiple Intellegences. Jakarta: Prenadamedia.
Amik, Fajjin et.al. (2016). Menuju Guru dan Siswa yang Cerdas. Yogyakarta: Leutika Nouvalitera.
Amstrong, Thomas. (2015). Multiple intellegences. USA: ASCD.
Aslan dkk. (2018). Peluang dan Tantangan Negara-Negara di Kawasan Borneo Dalam Menghadapi MEA (Proceeding of 1st International Conference on ASEAN Economic Community in Borneo Region): Ebooksia Publisher. Yogyakarta: Eboosia Publisher
Bruno Lanvin & Felipe Monteiro. (2019). The Global Talent Competitiviness, Prancis: INSEAD.
Budiningsih, Asri. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Chatib, Munib. (2013). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intellegnces di Indonesia. Jakarta: Kaifa.
Darmadi. (2018). Membangun Paradigma Baru Kinerja Baru. Bogor: Guepedia, 2018
Fitrianti. (2016). Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafi, Ivan. (2014). Pendidikan Teknik dan Vokasional (menggali Pengalaman Sukses Institusi Bi-National di Negeri Jiran, dari Konsep Hingga Implementasi). Yogyakarta: Deepublish.
Neolaka, Amos. (2019). Isu-Isu Kritis Pendidikan: Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Permenneg PAN dan RB Nomor 16 tahun 2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan angka kreditnya
R. Indrawan dan P. Yuniawati. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Veithzal R. (2014). The Economics of Education: Mengelola Pendidikan Secara Profesional Untuk Meraih Mutu dengan Pendekatan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752
Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122–133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963
Makrufi, A. D. (2017). Model Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multiple Intelligences Perspektif Munif Chatib. Tjdidukasi, 7(1), 153–170.
Nurhikmah, C. (2023). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Siswa Sekolah Dasar Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 30–39.
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Sholeh, S. (2020). Isu-Isu Kontemporer Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Wahana Karya Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol., 4(2), 722–736.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Munzaini, Yoyok Amirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License