Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Tahun di Raudhatul Athfal Melalui Single Case Research (SCR)

Lian Gafar Otaya, Herson Anwar, Siti Rahmawati Talango

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengases perkembangan kognitif anak usia 4 tahun, dengan fokus pada seorang anak di Raudhatul Athfal Perwanida Al-Ikhlas Kota Gorontalo. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan single case research. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan pemeriksaan catatan perkembangan sebagai instrumen pengumpul data. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif melalui proses pengkodean dan tematik. Hasil analisis digunakan untuk menyusun profil perkembangan kognitif anak. Hasil temuan menunjukkan bahwa hasil asesmen pengetahuan dengan intervensi yang diberikan guru dalam menyelesaikan tugas-tugas kognitif mulai dari mengenali huruf, angka, dan warna diperoleh hasil berkembang sangat baik. Selanjutnya pada asesmen kinerja difokuskan pada kemampuan dalam menyusun puzzle, memecahkan masalah sederhana, dan mengikuti instruksi guru diperoleh hasil berkembang sesuai harapan. Teknik asesmen yang diterapkan mencakup observasi, skala capaian perkembangan harian anak (checklist), dan hasil karya. Ketika anak berhasil menyelesaikan tugas atau aktivitas sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, guru memberikan penilaian berdasarkan kriteria tertentu. Dengan demikian guru dalam merancang program pembelajaran untuk usia 4 tahun dapat lebih ditekankan pada kegiatan kreatif dan pemecahan masalah. Selain itu, memberikan stimulus yang sesuai dan tantangan tambahan dalam area-area dimana anak menunjukkan keunggulan dapat memperkaya pengalaman kognitifnya. Penguatan positif dan dukungan dalam mengembangkan minat anak dapat menjadi strategi yang efektif untuk memaksimalkan potensinya dalam perkembangan kognitif secara optimal

Keywords


asesmen, perkembangan kognitif, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Arumsari, A. D., & Putri, V. M. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Motoric (Media of Teaching Oriented and Children), 4(1), 154–160. https://doi.org/10.31090/m.v4i1.1039

Auliani, S., & Suzanti, L. (2022). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 23–27. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jllpaud/issue/view/81

Awalunisah, S., Amrullah, & Setianingsih, H. P. (2023). Pengembangan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 5(1), 143–160. https://doi.org/10.37411/jecej.v5i1.1944

Az-zahra, S. A., & Puspitasari, R. N. (2022). Asesmen pengembangan kognitif anak usia dini. Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo.

Azmita, M., & Mahyuddin, N. (2021). Peningkatan Penilaian Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 tahun di Taman Kanak-Kanak. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 156–164. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.276

Barreto, F. B., Sánchez de Miguel, M., Ibarluzea, J., Andiarena, A., & Arranz, E. (2017). Family context and cognitive development in early childhood: A longitudinal study. Intelligence, 65(September), 11–22. https://doi.org/10.1016/j.intell.2017.09.006

Britto, P. R., Lye, S. J., Proulx, K., Yousafzai, A. K., Matthews, S. G., Vaivada, T., Perez-Escamilla, R., Rao, N., Ip, P., Fernald, L. C. H., MacMillan, H., Hanson, M., Wachs, T. D., Yao, H., Yoshikawa, H., Cerezo, A., Leckman, J. F., & Bhutta, Z. A. (2017). Nurturing care: promoting early childhood development. The Lancet, 389(10064), 91–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(16)31390-3

Carson, V., Hunter, S., Kuzik, N., Wiebe, S. A., Spence, J. C., Friedman, A., Tremblay, M. S., Slater, L., & Hinkley, T. (2016). Systematic review of physical activity and cognitive development in early childhood. Journal of Science and Medicine in Sport, 19(7), 573–578. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2015.07.011

Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas alat permainan edukatif (APE) terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. As-Sabiqun, 4(2), 443–455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780

Fatika, S. N., Hendrawijaya, A. T., & Himmah, I. F. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun melalui Kegiatan kolase di Kelompok Bermain Mawar Kabupaten Lumajang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 25. https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30812

Fatimah, E. R. (2021). Konsep perkembangan kognitif anak usia dini (Studi komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.

Fischer, K. W. (1980). A theory of cognitive development: The control and construction of hierarchies of skills. Psychological Review, 87(6), 477–531. https://doi.org/10.1037/0033-295X.87.6.477

Hardiningrum, A., & Firdaus, F. (2020). Pengaruh Media Loto Warna Dan Bentuk Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok a Di Tk Khadijah Pandegiling Surabaya. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 13. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3511

Hasanah, F., & Uyun, Q. (2019). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kasus Tk Khadijah Al-Muayyada Sampang). Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1814

Hewi, L., & Indari, I. (2021). Asesmen Virtual pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 196–204. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3489

Hikmawati, H., Takasun, T., & Rofiqoh, R. (2022). Upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui kegiatan mengenal konsep bilangan di TK Dharma Wanita 67 Pesucen. Unram Journal of Community Service, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.193

Iswantiningtyas, V. (2021). Perkembangan kognitif anak selama belajar di Rumah. Efektor, 8(1), 9–20. https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15835

Jackson, M. I. (2015). Early childhood WIC participation, cognitive development and academic achievement. Social Science and Medicine, 126(1), 145–153. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2014.12.018

Keizer, R., Van Lissa, C. J., Tiemeier, H., & Lucassen, N. (2020). The Influence of Fathers and Mothers Equally Sharing Childcare Responsibilities on Children’s Cognitive Development from Early Childhood to School Age: An Overlooked Mechanism in the Intergenerational Transmission of (Dis)Advantages? European Sociological Review, 36(1), 1–15. https://doi.org/10.1093/esr/jcz046

Kent, G., Pitsia, V., & Colton, G. (2020). Cognitive development during early childhood: insights from families living in areas of socio-economic disadvantage. Early Child Development and Care, 190(12), 1863–1877. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1543665

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya guru dalam memaksimalkan perkembangan kognitif, sosial dan motorik anak usia dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561

Klingberg, T. (2014). Childhood cognitive development as a skill. Trends in Cognitive Sciences, 18(11), 573–579. https://doi.org/10.1016/j.tics.2014.06.007

Liu, Y., Kaaya, S., Chai, J., McCoy, D. C., Surkan, P. J., Black, M. M., Sutter-Dallay, A. L., Verdoux, H., & Smith-Fawzi, M. C. (2017). Maternal depressive symptoms and early childhood cognitive development: A meta-analysis. Psychological Medicine, 47(4), 680–689. https://doi.org/10.1017/S003329171600283X

Martini, & Masganti Sitorus. (2022). Asesmen perkembangan kognitif pada Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 63–75.

Masganti, S. (2023). Perkembangan kognitif pada anak usia dini. Al-Abyadh, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.746

Mollon, J., Knowles, E. E. M., Mathias, S. R., Gur, R., Peralta, J. M., Weiner, D. J., Robinson, E. B., Gur, R. E., Blangero, J., Almasy, L., & Glahn, D. C. (2021). Genetic influence on cognitive development between childhood and adulthood. Molecular Psychiatry, 26(2), 656–665. https://doi.org/10.1038/s41380-018-0277-0

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi kompetensi Guru Paud dalam melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Rao, N., Sun, J., Wong, J. M. ., Weekes, B., Patrick, L., Shaeffer, S., Young, M., Bray, M., Chen, E., & Lee, D. (2014). Early childhood development and cognitive development in developing countries: A rigorous literature review. Department for International Development The Hong Kong University of Science and Technology. https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/488541/early-childhood-cognitive-dev-brief.pdf

Salsabela, E., & Suzanti, L. (2022). Penilaian perkembangan kognitif anak usia dini melalui alat permainan edukatif Pom-Pom. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 64–71. https://doi.org/10.53515/cji.2022.3.2.64-71

Talango, S. R., & Pratiwi, W. (2018). Aesmen Perkembangan Anak (Studi Kasus Asesmen Perkembangan Anak Usia 2 Tahun). TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 49–60. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/840

Yuliati, D. A. T. (2022). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 Tahun Melalui Asesmen Observasi. Jurnal Cemerlang PAUD, 1(1), 27–32. https://cemerlang-paud-pancasakti.ac.id/index.php/cemerlang/article/view/6

Yus, A., Diputera, A. M., Agustiara, B., Sianipar, E., Ayu Boangmanalu, R., Naibaho, B. A., Yesilistiawati Br Tobing, H., & Alwiyah Purba, C. (2023). Implementasi Instrumen Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santo Thomas 2 Medan. Adiba: Journal of Education, 3(4), 454–463. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/383

Zakia, T., Imsiyah, N., & Fajarwati, L. (2019). Hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis alam dengan perkembangan kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Khadijah Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 10. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13525

Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of physical activity on motor skills and cognitive development in early childhood: A systematic review. Hindawi BioMed Research International, 2017, 1–13. https://doi.org/10.1155/2017/2760716




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lian Gafar Otaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License