Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran PAI

Lailia Farhatus Sofiah

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Karena itu, pemerintah melakukan berbagai upaya demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi semua masyarakat. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa aspek yang dapat memberikan pengaruh pada sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu aspek tersebut adalah perkembangan IPTEK. Perkembangan IPTEK dapat memberikan pengaruh pada pendidikan Indonesia, terutama dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan demikian pendidik memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan proses pembelajaran yang sejalan dengan laju perubahan IPTEK. Demi menjawab tantangan pendidikan tersebut, pendidik perlu mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran, melalui implementasi pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge yang dikembangan oleh Koehler & Mishari (2006). Tujuan penulisan kajian ini yaitu a) untuk mengetahui lebih lanjut tentang konsep pendekatan pembelajaran TPACK, dan b) untuk mengetahui model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pendekatan TPACK. Metode penelitian yang digunakan adalah library research (kajian pustaka). Sumber data primer yang digunakan adalah handbook atau buku panduan TPACK yang dikembangkan oleh Koehler & Mishari. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah jurnal dan karya ilmiah terkait TPACK. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain yaitu a) konsep dasar pendekatan TPACK, b) komponen-komponen dalam pendekatan TPACK, c) macam-macam teknologi yang dapat digunakan dalam pendekatan TPACK, d) model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pendekatan TPACK, dan e) faktor penghambat dalam implementasi pendekatan TPACK.

Keywords


pendekatan pembelajaran; TPACK; integrasi teknologi; pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Abas , S., Hidayat, Y. W., Rohman, R. F., Sabillah, A., Atikah, Yohana, D. S., . . . Irfan, M. (2023). Implikasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Information Comunication and Technology (ICT) pada Pembelajaran PAI di SMAN 1 Beber. INJURIES: Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 25-38.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Peneitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Ajizah, I., & Huda, M. (2020). TPACK sebagai Bekal Guru PAI di Era Revolusi Industri 4.0. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333-352.

Al Faraby, M. C., Frederick T, J., Hakim, W., & Mahardika AP, R. (2021). Inovasi Video Based Learning dalam Meningkatkan Interaksi pada Proses Belajar Mengajar. Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Amalia, R., & Radiansyah. (2023). Implementasi Model PBL Pendekatan TPACK Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23233-23242.

Aminah, S., & Nursikin, M. (2023). Tugas Guru di Kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Islam. Journal on Education, 5(4), 12710-12719.

Arwani, R., & Hardini, A. T. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 1186-1195.

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Innayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15-27.

Hayani, S. N., & Sutama. (2022). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2871 - 2882. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2512

Iskandar, & Riantoni, C. (2023). Kesulitan Guru PAI Mengintegrasikan Pembelajaran Berbasis TPACK pada Masa dan pasca Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 533 - 542. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4721

Koehler, M., Mishra, P., Kereluik, K., Shin, T. S., & Graham, C. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. Handbook of Research on Educational Communications and Technology, 101-110. doi:10.1007/978

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.

Nuryana, Z. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal TAMADDUN, 19(1), 75-86.

Oktariani. (2022). Peranan Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Kitab-Kitab Allah Kelas 5 SDN 106 Bengkulu Utara. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(8), 319-324.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 2(2), 127-144.

Putra, E. M., & Tahir, M. (2022). Media dan Teknologi Visual. Al-Mara>ji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 140-148.

Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (hal. 446-454). Kebumen: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Samudera, S. A. (2020). Penggunaan Aplikasi KAHOOT! sebagai Digital Game-Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Solikhah, M., Khair, A., & Siswantoro. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery terhadap Hasil Belajar IPS. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(16). Diambil kembali dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13889

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhartini. (2022). Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran PAI Pada Materi Beriman Kepada Malaikat Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 116 Bengkulu Utara. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(7), 441-446.

Sutiani, A., Situmorang, M., & Silalahi, A. (2021). Implementation of an Inquiry Learning Model with Science Literacy to Improve Student Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 117-138.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lailia Farhatus Sofiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License