Optimalisasi Kemampuan Literasi Siswa SD Melalui IPAS: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Box TESANRA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2). https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116
Ani Rusilowati. 2022. Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal, (online), (https://unnes.ac.id/mipa/id/2022/04/07/konsep-desain-pembelajaran-ipas-untuk-mendukung-penerapan-asesmen-kompetensi-minimal/ diakses 10 Juni 2023)
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Assyauqi, M. I. (2020). Model Pengembangan Borg and Gall. Researchgate, no. December.
Aka, K. A. (2019). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012022. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1318/1/012022/meta
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Arief, I. S. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak melalui Metode Pembelajaran PAIKEM Tipe Jigsaw dan Index Card. Asatiza, 2(2), 124–137. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.272
Djamas, D., Tinedi, V., & Yohandri. (2021). Development of Interactive Multimedia Learning Materials for Improving Critical Thinking Skills. In Research Anthology on Developing Critical Thinking Skills in Students (pp. 507–525). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-3022-1.ch026
E, E., & Syarifuddin, A. (2014). Strategi Paikem Tipe Ceramah Plus Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an-Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islami Palembang. Ta’dib, 19(01), 63–84.
Fadhilah, N., & Umami, M. (2023). Kinerja Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDIT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang. Afeksi, 4(5), 493–504. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.154
Fardani, M. A., Rohmah, F., & Fajrie, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pokja (Poster Aksara Jawa) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Afeksi, 4(4), 423–432. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.147
Febriani, Febriani. 2022. “Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Permainan Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 1 (2): 121.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: An introduction (8. utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson. https://secure.nodebox.net/gkjfduhfy/02-yvonne-kub/9780205488490-educational-research-an-introduction-8th-edition.pdf
Jumriyati, J., & Fatimah, N. (2022). Pengembangan Media Pop Up Burima Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 65-78.
Kemendikbud. 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan.
Kironoratri, L. (2020). Buku Kumpulan Puisi Anak Berbasis Kearifan Lokal Daerah Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesi 1,(3), 55-60.
Khairani, C. (2015). Strategi Pembelajaran Paikem (Scrambel) dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SDN 6 Selebung Ketangga. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 23–39. https://doi.org/10.36088/palapa.v3i1.750
Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. (2018). Kotak Pop-Up Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Cahaya Dan Alat-Alat Optik Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 98–108. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847
Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815
Mukarramah, U., Juanda, A., & Fitriah, E. (2015). Analisis Standar Proses Pembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Majalengka Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(1). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v4i1.269
Musbihin, M., & Marom, S. (2022). Pengaruh minat pada evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi melalui media quizizz dan kahoot! Terhadap hasil belajar matematika. Afeksi, 3(2), 61–67. https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i2.54
Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru, 9(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Naro Prasetyo 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. (online) (https://bpmpgorontalo.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 22 Mei 2023)
Oktavianti, I. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Paldi, J., & Jailani, J. (2019). Keterlaksanaan standar proses pada pembelajaran matematika menurut Kurikulum 2013 pada kelas XII SMA Negeri. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 80–91. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21220
Ratri. 2018. Media Sederhana Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Sabilla, D. A., Ashar, H., & Nursikin, M. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DAN JOHN DEWEY SEBAGAI LANDASAN PELAKSANAAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA. Afeksi, 4(6), 632–643. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.176
Santi, F. A., Wulansari, B. Y., & Muttaqin, M. ‘Azam. (2023). Materi Modul Projek Kurikulum Merdeka PAUD Berbasis Budaya Kearifan Lokal Melalui Pengenalan Alat Musik Gong Gumbeng Ponorogo. Jurnal Kajian Anak, 5(01). https://doi.org/10.24127/j-sanak.v5i01.5052
Supatmo, S., & Ghufron, A. (2019). Developing Learning Multimedia to Improve Critical Thinking in Mathematics at Class V of Elementary School. In KnE Social Sciences. Knowledge E. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4619
Susanti, I. A., Handoyo, E., & Sumarti, S. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita IPS Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pada Tema Pahlawanku Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2448
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Undang-Undang Republik Indonesia(a) No. 20 Th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2004). Jakarta : PT Armas Duta Jaya
Yensy, N. A., & Hadiwinarto, H. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran PAIKEM Matematika. Jurnal Basicedu, 6(1), 78–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1901
Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh bermain konstruktif terhadap kecerdasan visual spasial anak di tk islam terpadu nurul fikri makassar. Tematik, 6(1), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rika Rohmatul Ummah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License