Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Penanaman Karakter Religius di SMP Negeri 2 Candiroto Satu Atap Temanggung

Sri Hidayati Nursa'adah, Lilik Sriyanti

Abstract


SMP Negeri 2 Candiroto Satu Atap merupakan sekolah yang berada di daerah terpencil. Rendahnya taraf ekonomi dan tingkat pendidikan masyarakat membuat pola pikir acuh tak acuh terhadap pendidikan, khususnya pendidikan karakter religius siswa Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana desain, implementasi serta faktor yang menghambat kegiatan penanaman karakter religius pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Candiroto Satu Atap Temanggung. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan prosedur mengumpulkan, mereduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan yang kemudian di verifikasi. Temuan hasil penelitian: (1) Desain dan implementasi kegiatan penanaman karakter religius pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Candiroto Satu Atap Temanggung antara lain: penanaman karakter religius melalui kegiatan pembiasaan di luar kelas, penanaman karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler, penanaman karakter religius melalui kegiatan peringatan hari besar Islam. (2) Pola kolaborasi antara orang tua dan guru antara lain, komunikasi langsung, kunjungan sekolah ke rumah siswa (parenting visitation), kerjasama dengan komite sekolah, kegiatan doa bersama orang tua siswa. (3) Faktor penghambat kolaborasi: Keterbatasan komunikasi, partisipasi orang tua yang rendah, ketidak sesuaian prioritas, kurangnya evaluasi.


Keywords


pola kolaborasi; penanaman karakter religius; SMP N 2 Candiroto Satu Atap Temanggung

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Akbar, M. F. (2016). Evaluasi Kebijakan Program Pemberian Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus pada Sekolah Dasar di Kabupaten Mamuju Utara). JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 47-64.

Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini. Sarwahita, 14(01), 53–60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.07

Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105-124.

Amini, A. A., Yurnita, S. Y., & Hasnidar, H. H. (2017). The development of character education model trough an integrated curriculum at elementary education level in Medan City. International Journal on Language, Research and Education Studies, 1(2), 298-311.

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31.

Chatib, M. (2012). Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi Dan Kecerdasan Dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Kaifa.

Chodijah, M. (2017). Urgensi bimbingan kolaboratif bagi anak yang mengalami learning disabilities di sekolah dasar. Syifa al-Qulub: Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik, 1(2), 1421-151.

Daheri dkk. (2019). Pendidikan Akhlak; Relasi Antara Sekolah dan Keluarga At-Turats. At-Turats Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam Journal, 13(1), 3–20. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/atturats

Damanhuri. (2014). Hadis Al-Fitrah dalam Penelitian Simultan. Ta‘Limuna, 3(2), 94–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/ta.v3i2.106

David Wijaya, S. E. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Prenada Media.

Fuadi, A., & Suyatno, S. (2020). Integration of nationalistic and religious values in islamic education: Study in integrated islamic school. Randwick International of Social Science Journal, 1(3), 555-570.

Furkan, N. (2013). Pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Magnum Pustaka.

Harmi, H. (2022). Model pembelajaran pendidikan agama islam berbasis moderasi beragama. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(2).

Hasmawati, H., Hasan, R., & Aufat, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Religius pada Anak Studi Kasus di Desa Mangon. Jurnal Geocivic, 3(2), 12–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/geocivic.v3i2.2457

Hayani, N. (2015). Peran komite sekolah dalam pembiayaan pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2).

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Kuliyatun, K. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Pesrta Didik Di Sma Muhammadiyah 01 Metro Lampung. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(2), 180-198.

Masriah, S., Nurlaeli, A., & Akil, A. (2023). PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 316-325.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter: solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Penerbit Energy.

Mulya, N. H., & Fauziah, A. N. M. (2023). Pembelajaran IPA Kolaboratif: Siswa Reguler dan Anak Berkebutuhan Khusus Berkontribusi Aktif dalam Mencapai Tujuan Bersama. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 473-477.

Mulyadi, D., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2019). Kajian tentang penumbuhan karakter jujur peserta didik sebagai upaya pengembangan dimensi budaya kewarganegaraan (civic culture) di SMA Alfa Centauri Bandung. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 220-232.

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter: Referensi Pembelajaran Untuk Guru Dan Siswa SMA/MA. Nusamedia.

Nurhuda, T. A., Waluyo, H. J., & Suyitno, S. (2017). Kajian sosiologi sastra dan pendidikan karakter dalam novel Simple Miracles Karya Ayu Utami serta relevansinya pada pembelajaran sastra Di SMA. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 18(1), 103-117.

Nursyamsi, N., Juminah, J., & Ode, C. A. A. (2022). Efektivitas komunikasi Interpersonal dalam Menjembatani Terlaksananya Peran Komite Sekolah di Satuan Pendidikan (Studi Pada SMP Muhammadiyah Kota Sorong). JURNAL PEMERINTAHAN, POLITIK ANGGARAN DAN ADIMISTRASI PUBLIK, 2(1), 1-9.

Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Plungpongpan, J., Tiangsoongnern, L., & Speece, M. (2016). University social responsibility and brand image of private universities in Bangkok. International journal of educational management, 30(4).

Ruslan, R. (2008). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Saihu, M. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. Yapin An-Namiyah.

Sanaghan, P., & Lohndorf, J. (2015). Collaborative Leadership: The New Leadership Stance. Tappi Journal, 14(3). https://doi.org/10.32964/tj14.3

Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293-301.

Shihab, M. Q. (2017). Tafsir al-mishbah : pesan, kesan, dan keserasian Al Qur’an (1st ed.). Lentera Hati.

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193-3202.

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82.

Taufik, A., & Akip, M. (2021). Pembentukan Karakter Disiplin bagi Siswa. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 11(2), 122-136.

Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), 132-142.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 sri hidayati nursa'adah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License