Teori Pengolahan Informasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Tulisan ini mengulas dan menganalisis Teori Pembelajaran Pengolahan Informasi serta implikasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam model pembelajaran ini, fokus utamanya adalah pada setiap tahapan proses pengelolaan informasi untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pentingnya teori ini dalam memperbaiki pendekatan pembelajaran PAI agar pendidik, peserta didik, dan staf pendidikan dapat lebih mengutamakan keterampilan dan minat siswa, sehingga dapat memudahkan peningkatan kemampuan belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metodologi penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori pengolahan informasi mencakup beberapa tahapan yang mirip dengan yang teramati dalam kegiatan pembelajaran PAI. Tahapan tersebut meliputi: (1) Pendahuluan, yang melibatkan rangsangan motivasi dan konsentrasi melalui proses persepsi. (2) Inti, yang meliputi penyampaian materi secara kreatif dan menarik, dengan pengolahan melalui sesi tanya jawab yang berfokus pada poin-poin kunci. Selain itu, penyimpanan dan ingatan difasilitasi melalui pengulangan ringan, dan prestasi diakui melalui pujian verbal dan penghargaan nyata. (3) Penutupan, yang mencakup umpan balik dan penguatan pada akhir pembelajaran. Sebagai kesimpulan, pemrosesan informasi adalah pengaturan sistematis dari pengetahuan, ingatan, dan proses berpikir seseorang sebelumnya. Apabila guru menyajikan materi pelajaran Agama Islam dengan cara yang inovatif dan menarik, maka siswa akan merasa terdorong dan menikmati proses pembelajaran karena materi yang menarik akan meninggalkan kesan yang kuat dalam ingatan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Nur dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Citra Media.
Anderson, J.R. (1996). ACT: A Simple Theory og Complex Cognition. Amarican Psychologist.
Arda, N. (2019). Pengaruh Penerapan Teori Pemrosesan Informasi Terhadap Kemampuan Peserta Didik Memahami Konsep Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Borong.
Baddeley, A. D. (2001). Is Working Memory Still Working?. American Psychologist.
Baharudin, & Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Dale H. Schunk. (2012). Learning Theories An Educational Perspective Sixth Edition (Terj. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.
Gagne, Ellen, D. 1985. The CognitivePsychology of School Learning.Boston: Little, Brown & Company
Gredler, E. Margaret. 2011. Lear Memoryning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Joyce, Bruce; Weil, Marsha; and Calhoun,Emily. 2009. Models of Teaching.Boston USA: Pearson Education, Inc.Eight Edition.
Mukhtar dan Iskandar. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Nayazik, A. (2017). Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model IDEAL Problem Solving Dengan Teori Pemrosesan Informasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 182–190.
Nayazik, A. (2017). Pembentukan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model IDEAL Problem Solving Dengan Teori Pemrosesan Informasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 182–190.
Nofindra, R. (2019). Ingatan, Lupa dan Transfer Dalam Belajar dan Pembelajaran. E-Journal STKIP Prokania, 45(45), 21–34.
Nurhayati, N., Huda, N., & Suratno, S. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 136.
Rehalat, A. (2016). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan IlmuSosial,23(2), 1.
Suprapto, A., & Duki. (2015). Teori Pemprosesan Informasi Dan Teori Neuroscience. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 23–51.
Trianto. 2010. Mendesain Modroel Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Zed, Mestika. Metode Peneletian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2004.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Annisa Dea Rismaya, wahidin wahidin wahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License