EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIN 2 MAGELANG

Zahrotul Fuadah, Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi siklus air, dan untuk menguji efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Magelang yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, kesukaran, daya beda untuk menguji instrumen soal tes yang digunakan. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji wilcoxon. Uji wilcoxon dilakukan karena hasil uji normalitas diperoleh data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberi kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa kelas V sebelum penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi siklus air mencapai skor rata-rata 76,7 dengan rincian nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 39.  2) Hasil belajar siswa kelas V sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi siklus air mencapai skor rata-rata 94,6 dengan rincian nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 83. 3) Model project based learning (PjBL) efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Magelang berdasarkan nilai signifikansi 0,000<0,05. Implikasi dari penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan dan model pembelajaran bagi guru untuk diterapkan pada materi pelajaran yang lainnya, supaya hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan.


Keywords


Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, P.D., Wulandari, S.S. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Volume 9 Nomor 2. Dikutip pada tanggal 15 Mei 2023 pukul 15:00 WIB pada https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta : PT Rineka Cipta.

Fauzia, H.A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu. Volume 7 Nomor 1. Dikutip pada tanggal 16 Juni 2023 pukul 22:00 WIB pada https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5338

Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta : Bumi Aksara.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Kristiyanto, Dedi. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Mimbar Ilmu. Volume 25 Nomor 1. Dikutip tanggal 16 Juni 2023 pukul 15:00 WIB pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/24468/15050

Lestyoningsih, Nita, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI Tata Busana 2 SMK Negeri 2 Boyolali Tulungagung. E-jurnal Volume 09 Nomor 2. Dikutip tanggal 12 Juni 2023 pukul 12:00 WIB pada https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/20/article/view/32861/29598

Ni Wayan et al. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 6 Nomor 1. Dikutip tanggal 18 Juni 2023 pukul 21:00 WIB pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9059/6325

Santoso, F. 2015. Efektivitas Penerapan Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Elektronika Dasar Pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ototronik SMK Negeri 1 Seyegan. Universitas Negeri Yogyakarta. E-JPTE: Jurnal Elektronika Pendidikan Teknik Elektronika, 4(8), 1-13. Asrul, Rusydi, A., & Rosnita. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Cita pustaka Media.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syukur, Abdul. 2014. Profesi Pendidik. Salatiga: Stain Salatiga Press.

Warsono. 2016. Pembelajaran Aktif Teori Asesmen. Bandung : PT. Rosdakarya.

Widiyatmoko, Pamelasari. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 1 Nomor 1. Dikutip tanggal 18 Juni 2023 pukul 21:30 WIB pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2013




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zahrotul Fuadah, Erna Risfaula Kusumawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License