LKPD berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) dan inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem di MI Nashrul Fajar

Indah Ratnaningsih, Fatchurrohman Fatchurrohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan, mengembangkan desain, dan menguji keefektifan LKPD berbasis JAS dan Inkuiri pada pembelajaran IPA membelajarkan konsep Ekosistem kelas V MI Nashrul Fajar. pada konsep pemikiran Borg dan Gall. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Nashrul Fajar kecamatan Tembalang Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan tes hasil belajar. Penelitian ini adalah pengembangan LKPD berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) dan inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem di MI Nashrul Fajar   Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Teknis analisis data dengan menggunakan wawancara, kuosioner, tes hasil belajar, dan, Analisis uji efektivitas dan kepraktisan LKPD berbasis JAS dan Inkuiri. Bentuk produk pada penelitian ini adalah LKPD berbasis JAS dan Inkuiri dengan hasil uji paired t-test yang menunjukkan nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat hasil evaluasi belajar yang signifikan. Hasil evaluasi belajar siswa setelah penerapan LKPD berbasis JAS dan Inkuiri pada tema ekosistem yakni sebesar 7,28%, dengan rata-rata posttest sebesar 82,5. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa hasil penilaian validator memberikan skor 95 dengan presentase 95 % dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil uji validasi praktisi menunjukkan bahwa hasil penilaian validator memberikan skor 87 dengan presentase 95 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis JAS (Jelajah Alam Sekitar) dan inkuiri pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem di MI Nashrul Fajar efektif untuk membelajarkan konsep ekosistem.


Keywords


LKPD, pemahaman konsep, pembelajaran inkuiri

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pres.

Assyauqi, Moh Iqbal. (2020). Model Pengembangan Borg And Gall. See discussions, stats, and author profiles for this publication at:

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Dwi Anggraeni Siwi, Nurratri Kurnia Sari & Koko Prasetya. (2016). Desain Model Praktikum Ipa Berbasis Jas (Jelajah Alam Sekitar) Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bendosari. Premiere Educandum, Volume 6 Nomor 2, Desember 2016, 180 – 188

Jones, Mark T. & C. J. Eick. 2007. Implementing Inquiry Kit Curriculum: Obstacles, Adaptation, and Practical Knowledge Development in Two Middle School Science Teachers. Jurnal Ilmu Pendidikan. Tersedia di http://www.interscience.wiley.com/[Diakses 20-05-2022]

Mahgiyanto, Indratusvia. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Kelas III Di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2015/ 2016 . mm

Maryono, & Purnama, B. E. (2012). Development Strategy Application Of National Test Exercises For Vocational Higmh School Case Study Vocational High School Bina Taruna Masaran Sragen. IJCSI International 9(5), 136–145. Journal of Computer Sccience Issues

Nurlistiyati, K. (2021). Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021) Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian 80. Snhrp, 3, 80–86. Https://Snhrp.Unipasby.Ac.Id/Prosiding/Index.Php/Snhrp/Article/View/174

Nursyahidah, Farida. Penelitian Pengembangan. (online). (http//faridanursyahida.woordprees.com) diakses 18 April 2022

Peni Astutik, Tjandra Kirana, dan Wahono Widodo.(2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Pelajaran IPA Di SD. E.ISSN.2614-6061 P.ISSN.2527-4295 Vol.9 No.1 Edisi Februari 2021

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme

Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Siti Alimah. (2016). Jelajah Alam Sekitar : Pendekatan, Strategi, Model, dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter Untuk Konservasi. Semarang : FMIPA Universitas Negeri Semarang

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R and D. Bandung: CV Alfabeta.

Slamet Widodo. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol.26 No.2 tahun 2017

Utomo, G. M. (2021). What Kind of Learning Media Do You Want? Need Analysis On Elementary School Online Learning . Basicedu, 5(5), 4299 - 4305.

Widjayanti. (2008). Media Lembar Kerja Peserta Didik. Jakarta Rineka

Yuniastuti, M. M. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Scopindo Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indah Ratnaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License