PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EVALUASI Q-VISIT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Abstract
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa sekolah menengah pertama dengan menggunakan metode evaluasi Q-Visit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Literasi SMPN 1 Palu semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas kolaboratif. Dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil yang diperoleh setelah diaadakan tindakan berupa penerapan evaluasi Q-Visit siklus I diperoleh skor rata-rata 46.65 dengan skor ideal 100, berada di kategori rendah. Mengalami peningkatan pada siklus II skor rata-rata menjadi 71.45 dengan skor ideal 100, berada pada kategori timggi. Pada post-test sendiri nilai rata-rata menjadi 83.68 dengan skor ideal 100, berada pada kategori tinggi pula. Kesimpulan dari penelitian yaitu penerapan metode evaluasi Q-Visit terdapat penigkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negeri 1 Palu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraena, Yogi. dkk. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnplogi.
DePorter, Bobbi, dan Mike Hernacki. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Iqbal, Wan Muhammad, dkk. 2018. “PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMA KOPERASI PONTIANAK.” AR-RAZI Jurnal Ilmiah 6(1). doi: 10.29406/arz.v6i1.937.
Kemmis, S. dan McTaggart, R. 2014. “The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research.” Springer.
Lestari, S., Marom, S., & Rochmad, R. (2022). Intuition and Its Role in Students' Mathematical Reasoning Ability. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 4(1).
Magdalena, I, dkk. 2020. “EVALUASI BELAJAR PESERTA DIDIK.” 2.
MUSYARRAFAH. 2023. “Metode Questions Visit (Q-Visit) dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran.” Diambil (https://alfastheory.blogspot.com/2023/03/metode-questions-visit-q-visit-dalam.html).
Setianingrum, Murni. 2017. “PENGGUNAAN VARIASI MEDIA AJAR TERHADAP 3 GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG.” JAPANEDU: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang 2(1):1. doi: 10.17509/japanedu.v2i1.6561.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i3.105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Musyarrafah Musyarrafah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License