Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Peran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Batik 2 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.59698/kognisi.v2i2.262Keywords:
kurikulum merdeka, peran guru, motivasi belajar siswaAbstract
Pendidikan selalu berupaya menciptakan lingkungan belajar yang memfasilitasi siswa dalam mengembangkan potensi mereka, dengan motivasi belajar sebagai kunci utamanya. Penelitian ini dilakukan di SMK Batik 2 Surakarta untuk mengkaji dampak Kurikulum Merdeka dan peran guru terhadap motivasi siswa kelas XI jurusan manajemen perkantoran. Pendekatan kuantitatif dengan data statistik digunakan untuk mengevaluasi hubungan ini. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa , sementara peran guru memiliki pengaruh yang kurang signifikan. Meskipun demikian, secara keseluruhan, baik Kurikulum Merdeka maupun peran guru secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa di sekolah tersebut yang dibuktikan dengan nilai F hitung 13,812 yang lebih besar dari Ftabel 3,20 dan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000.
References
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Aryanti, D., & Saputra, M. I. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss). Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 29.
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 37-45.
Janah, M., Safrizal, & Zulhendri. (2023). Analisis Komponen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Studi Khasus Di SD X Kota Batusangkar. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 26-37.
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib : Jurnal Pendidikan Agama, 1(2), 173-187.
Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permaslahan Belajar. Jurnal Taushiah FAI-UISU, 9(2), 20-27.
Mas'ud, M., & Nirwana, F. (2022). Pengaruh Kurangnya Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 69.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88-97.
Perdana, I., & Valentina, T. D. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Ilmiah Indonesia, 16898-16916.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosidign Seminar Nasional Pendidikan Dasar (pp. 289-302). Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Rival, M. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 2(1), 46-50.
Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 07(1), 2.
Sugiasih, P. (2015). Pengaruh Peran Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Se-Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2014/2015 . Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 1-11.
Arianti. (2018). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Aryanti, D., & Saputra, M. I. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss). Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 29.
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 37-45.
Janah, M., Safrizal, & Zulhendri. (2023). Analisis Komponen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Studi Khasus Di SD X Kota Batusangkar. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 26-37.
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib : Jurnal Pendidikan Agama, 1(2), 173-187.
Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permaslahan Belajar. Jurnal Taushiah FAI-UISU, 9(2), 20-27.
Mas'ud, M., & Nirwana, F. (2022). Pengaruh Kurangnya Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 69.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88-97.
Perdana, I., & Valentina, T. D. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Ilmiah Indonesia, 16898-16916.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosidign Seminar Nasional Pendidikan Dasar (pp. 289-302). Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Rival, M. (2022). Peran Guru Dalam Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 2(1), 46-50.
Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 07(1), 2.
Sugiasih, P. (2015). Pengaruh Peran Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Se-Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sekar Endah Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.