Model Cooperative Learning dan PBL pada Mata Pelajaran Ekonomi dalam Menunjang Keberhasilan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Hanif Prasetyo Wibowo Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Trisno Martono Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.59698/kognisi.v2i2.257

Keywords:

Profil pelajar pancasila, Model Pembelajaran, Metode, Materi, Evaluasi

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pembelajaran ekonomi dengan model Cooperative learning dan Problem Based Learning (PBL) dalam menunjang keberhasilan Profil Pelajar Pancasila di SMA N 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi proses perencanaan, dan pelaskaan pada mata pelajaran ekonomi, serta mengidentifikasi ketercapaian Profil Pelajar Pancasila dengan model PBL dan Cooperative Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Surakarta sudah baik dan sesuai dengan tuntutan Kemdikbud. Modul ajar yang telah dibuat guru telah sesuai dengan standar komponen minimum modul ajar dari Kemdikbud. Proses pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 1 Surakarta sudah berjalan dengan sangat baik, dan sesuai dengan prinsip kunci penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu pembelajaran yang bersifat berpusat pada peserta didik dan kontekstual. Model pembelajaran yang digunakan guru fase E adalah PBL, dan fase F adalah Cooperative learning. Guru fase E adalah menggunakan metode ceramah dan role playing, dan fase F adalah ceramah, kontekstual, dan diskusi kelompok (cooperative learning). Ketercapaian Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Surakarta melalui model pembelajaran Cooperative Learning dan PBL adalah bernalar kritis, gotong royong dan berkebhinekaan global, mandiri, kreatif. Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Surakarta diantaranya diwujudkan melalui pelaksanaan pembelajaran, projek P5, dan kegiatan tersendiri dari satuan pendidikan.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha. N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azahro, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi nilai- nilai Pancasila dalam pendidikan karakter. Jurnal Gema Keadilan, 9(3).

Astuti, F. R. F., Aropah, N. N., & Susilo, S. V. (2022). Pendidikan moral sebagai landasan nilai karakter berprilaku. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 10-21.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2).

Handayani, R., Minarti, I.B., Mulyaningrum, E.R. and Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Journal on Education, 6(1), 518-525.

Handayani, S. D., Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2022). Mewujudkan pelajar pancasila dengan mengintegrasikan kearifan budaya lokal dalam kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan, 1(1), 76-81.

Hariyanti, D., Utomo, A. P., Fitriasih, W. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle untuk Mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas X-4 SMAN Pakusari. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 1-10.

Hidayat, H., (2021). Metode Pembelajaran Interaktif Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Madrasah Ibtidahiyah Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1),42-48.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 464-468.

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2), 111-121.

Rudiawan, R. & Asmaroini, A.P., 2022. Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Jurnal Edupedia, 6(1), 55-63.

Revalina, A., Moeis, I. and Indrawadi, J., (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 24-36.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, I. K. P., Suastra, I. W., & Suma, Ketut. Kurikulum Merdeka Untuk Mengatasi Learning Loss. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 578-584.

Susanto, A., & Rahmah, P. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika MTs. Alauddin. Journal of Mathematics Education, 3 (1), 75-85.

Sutiyono, S., (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Title