STRATEGI PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN BUDAYA NIRKEKERASAN PADA SISWA SMK DI MAGELANG

Eri Kurniawati, Mukh. Nursikin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Strategi Penanaman Kecerdasan Spiritual dan Budaya Nirkekerasan di SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang (2) Untuk mengetahui Implementasi Penanaman Kecerdasan Spiritual dan Budaya Nirkekerasan pada siswa SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang, dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman kecerdasan spiritual dan budaya Nirkekerasan di SMKN 1 Windusari Magelang dan SMK Yudha Karya Magelang. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada guru BK dan guru PAI kemudian dilakukan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan strategi penanaman kecerdasan spiritual dan budaya nirkekerasan masih rendah dan ada yang sudah menerapkan namun kurang maksimal sehingga perlu memperkuat penerapan aspek kecerdasan spiritual dan budaya di sekolah sehingga tujuan sekolah dalam menangani kenakalan siswa dapat terminimalisir dengan baik. (2) Implementasi penanaman kecerdasan spiritual yang dilakukan guru yakni dengan memberikan kasih sayang kepada para murid serta menganggap mereka seperti anak sendiri, memberikan nasihat mengenai apa saja demi kepentingan masa depan murid-muridnya, serta memberi pembiasaan kepada para murid, serta mencegah mereka dari akhlak tercela. (3) Faktor penghambat dari beberapa sekolah yakni sebagian orang tua belum bisa diajak kerjasama untuk menanamkan kecerdasan spiritual serta kurangnya kerjasama antar guru serta kurangnya dukungan dari pihak sekolah. Faktor pendukungnya yakni kerjasama yang bagus sivitas akademika saling mensuport program untuk kebaikan siswanya. Dapat disimpulkan bahwa pentingnya menerapkan kecerdasan spiritual dilingkungan sekolah agar siswa dapat mengontrol jiwa serta emosinya dengan baik serta penerapan budaya nirkekerasan pada siswa agar tercipta perdamaian serta peduli sosial yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Akhyar, R. M. (2017). Strategi Gerakan Nirkekerasan (Studi atas Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) [Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38664

Al-Ghazali, I. (2008). Mukhtasar Ringkasan Ihya’ Ulumuddin. Akbar Media.

Anand, C. S. (2015). Barangsiapa Memelihara Kehidupan..." Esai-esai tentang Nirkekerasan dan Kewajiban Islam (I. A. Fauzi (ed.)). Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD).

Komaria, R., Syarifah, L., Triantin, Z. E., Setyo, B., Marhumah, E., & Isnanto, M. (2019). Integrasi Nilai-nilai Keren Berkarakter Dalam Pembelajaran dan Budaya Sekolah.

Kusuma, W. H. (2019). Upaya meningkatkan prestasi belajar melalui peningkatan kecerdasan spiritual santri pondok pesantren. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(2), 104-111.

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1).

Marshall, Z. (2000). SQ - Kecerdasan Spiritual (R. Astuti (ed.)). penerbit mizan. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=bfhSGrIm7KIC&oi=fnd&pg=PA3&dq=kecerdasan+spiritual&ots=n4wfB8rLa3&sig=SHNk-XEvuF56Imuuvt_t70YaGNQ&redir_esc=y#v=onepage&q=kecerdasan spiritual&f=false

Mutholingah, S. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN BUDAYA NIRKEKERASAN DI SEKOLAH. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 68-89.

Ningrum, C. D., & Suradji, M. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL SISWA. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 74-89.

Walad, H. M. (2021). strategi penanaman karakter islami dalam pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Darussholikhin NW Kalijaga. Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19–27




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i2.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eri Kurniawati, Mukh. Nursikin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License