PENINGKATKAN KEAKTIFAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING STRUCTURE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Sita Kurniasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tetang: Peningkatkan   Keaktifan  Dan  Hasil   Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Cooperative Learning Structure Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus  Dan  Peranannya  Bagi Kehidupan. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi melalui metode pembelajaran Cooperative Learning Structure (CLS) pada kelas X IPA-1 MAN 2 Surakarta  Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, refleksi dan evaluasi. Untuk mengetahui perkembangan keaktifan belajar dan nilai hasil belajar siswa setiap siklusnya dilakukan dengan Post Test dan  menghitung rata-rata prestasinya. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini analisis deskritif kualitatif berdasarkan pada hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning Structure dapat meningkatkan keaktifan belajar dari kondisi rendah ke kondisi akhir tinggi dan meningkatkan hasil belajar biologi  bagi siswa kelas X IPA-1 MAN 2 Surakarta dari kondisi awal hasil belajar rendah, yakni dengan rata-rata 68,6 ke kondisi akhir hasil belajar tinggi yakni dengan rata –rata 82 dengan kenaikan sebesar 52.9%. 

Keywords


Cooperative Learning Structure, Keaktifan belajar dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Andi Yoga Prasetiyo, Edi Yusmin, A. H. (2018). Meta-analisis pengaruh cooperative learning terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, Universitas Tanjungpura Pontianak, 9 no 2(Meta analisis), 11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/issue/view/969

Dahar, Ratna Willis. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit. Erlangga.

Hufad, Achmad. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Pendis.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Nurhayati. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Siswa Kelas X-Ak1 Jurusan Akuntansi Smk Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jupe UNS, 2(2), 159–173.

Nurlaila. (2019). Pengembangan Model Cooperative Learning. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 213–22.

Rahmah Johar & Latifah Hanum. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suhardjono, dan Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyowati, N. W. (2017). Implementasi Small Group Discussion Dan Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ikip Pgri Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 5(2), 173. https://doi.org/10.25273/jap.v5i2.1197

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Susilowati, I., Sri Iswari, R., & Sukaesih Jurusan Biologi, S. (2013). Unnes Journal of Biology Education PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA Info Artikel. J.Biol.Educ, 2(1), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb

Tanjung, R., Supandi, S., & Abdillah, A. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Sub Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah. Jurnal Tahsinia, 1(2), 169–180.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i3.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sita Kurniasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License