Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Jigsaw dan Inkuiri Pada Mata Pelajaran PAI SMP Plus Salsabila

Sabila Fitriah Wahdini

Abstract


Salah satu motivasi di balik penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan peserta didik dalam berbagai aktivitas pembelajaran. Salah satu elemen yang berkontribusi terhadap minimnya partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar adalah metode penyampaian materi oleh guru, khususnya ketika menggunakan model pembelajaran inkuiri. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk melaksanakan sebuah eksperimen menggunakan model pembelajaran jigsaw. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan yang berarti dalam pencapaian hasil belajar siswa ketika membandingkan penerapan model jigsaw dengan model inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Salsabila. Jenis penelitian yang dipilih adalah eksperimen semu, yang termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Secara keseluruhan, populasi dan sampel penelitian ini mencakup 19 subjek, di mana teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data melibatkan penggunaan soal-soal yang telah teruji keakuratan dan validitasnya. Hasil menunjukkan bahwa data memenuhi standar normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis perhitungan yang dilakukan, bisa disimpulkan bahwa hipotesis nol atau Ho ditolak, artinya capaian belajar siswa memang berbeda antara kelas yang menerapkan model jigsaw dan kelas yang menggunakan model inkuiri. Data uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 1,464, sementara t tabel adalah 1.739.

Keywords


Jigsaw, Inquiri, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Mahlianurrahman . “Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Implementasi Metode Inquiry Kelas V Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (4) 2017 h. 252-259.

Putri Tuti Ulansari,Dkk, “Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa”, Dalam Jurnal Pendidikan Pembelajaran Biologi. Vol.2 (1) 2018 : h. 27-33 Ummi Rosyidah, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Metro” dalam jurnal Jurnal SAP. Vol. 1 No. 2. 2016.

Muhammad Syahrul Kahar, dkk. “Prngaruh Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar”, dalam Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 9 No. 2 2020 h. 279-295.

Ineu Andriani, “Perbandingan kepercayaan diri siswa dalam belajar matem”atika antara yang menggunakan metode jigsaw dengan metode inkuiri terbimbing di kelas vii smp satu atap negeri talun kabupaten cirebon”, (IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2015).

Wawancara dengan guru PAI ustadzah Ela Pratiwi.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Alfabeta, 2014), h.114.

Dhea Vista Weherma, “Pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw disertai mind mapping terhadap hasil belajar ipa pada peserta didik kelas vii mts miftahul huda lampung tengah” jurnal Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung. 2019




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sabila Fitriah Wahdini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License