Manajemen Inovasi Kurikulum di Era Digital: Studi Kasus pada SDUT AL-CHUSNA Loram Wetan

Muslimin Muslimin, Stela Ramadhani Khalasinikov

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana SDUT AL-CHUSNA Loram Wetan mengelola inovasi kurikulum di era digital, dengan penekanan khusus pada strategi, implementasi, dan elemen yang mendukung dan menghambat proses tersebut. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai desain. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas pembelajaran, peninjauan dokumen kurikulum, dan wawancara menyeluruh dengan kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan dalam kurikulum sekolah ini berfokus pada pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran, seperti penggunaan platform online, media interaktif, dan penerapan literasi digital ke dalam kurikulum. Strategi manajemen dicapai melalui penguatan kerja sama sekolah, orang tua, dan masyarakat, pelatihan guru yang berkelanjutan, dan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Kemampuan guru, komitmen pimpinan sekolah, dan dukungan infrastruktur digital adalah komponen pendukung utama.

Keywords


Manajemen Pendidikan, Inovasi Pendidikan, Era digital

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2022). Manajemen Kurikulum di Era Digital: Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Bush, T. (2020). Theories of Educational Leadership and Management (5th ed.). London: SAGE Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.

Fullan, M. (2021). The New Meaning of Educational Change (5th ed.). New York: Teachers College Press.

Gunawan, I. (2021). Manajemen Pendidikan Abad 21: Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, A., & Firmansyah, D. (2021). “Teacher Collaboration in Implementing Digital Curriculum Innovation in Elementary Schools.” Journal of Educational Management Research, 6(1), 55–68.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2021). Thematic Analysis: Striving to Meet the Trustworthiness Criteria. International Journal of Qualitative Methods, 20(1), 1–13.

Nurhadi, A. (2022). Inovasi Kurikulum Digital di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

OECD. (2022). Digital Education Outlook 2022: Pushing the Frontiers with AI, Blockchain and Robots. Paris: OECD Publishing.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 mus muslim muslimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License