Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Purworejo sebanyak 240 siswa. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VIII D (30 siswa) sebagai eksperimen dan VIII A (31 siswa) sebagai kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dengan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Validitas isi instrumen diperoleh melalui expert judgment, sedangkan reliabilitas diuji menggunakan Alpha Cronbach (0,82). Data dianalisis dengan uji-t dan perhitungan effect size Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai eksperimen (70,43) lebih tinggi dibandingkan kontrol (58,25), dengan thitung = 2,43 > ttabel = 2,001 pada taraf signifikansi 5% serta effect size sebesar 0,65 (kategori sedang). Hal ini membuktikan bahwa penerapan PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, khususnya pada aspek keluwesan dan keaslian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alajmi, A. H., & Reys, R. (2022). Creative mathematical thinking: Its role in problem solving and implications for teaching. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(6), 1243–1260.
Fitriani, R., & Sari, M. (2021). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 23–32.
Hamam, N., Abdullah, I. H., & Angkotasan, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP IT Albina Kota Ternate Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2 (1), 24-32.
Harahap, Y., Simbolon, P., & Siregar, N. (2019). Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa biologi di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal EduGenesis, 1(2), 35–44.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8 (2), 117-132.
Mulyati, Y., Zubaidah, S., & Suarsini, E. (2024). Enhancing students’ critical and creative thinking skills through Problem-Based Learning. International Journal of Biology Education, 12(1), 45–56.
Permatasari, N., Nuary, R. R., & Triyono, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Statistika. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 4 (2), 5765.
Ramadhani, R., Farid, F., Lestari, F., & Machmud, A. (2023). Improvement of creative thinking ability through Problem-Based Learning with local culture based on students’ gender and prior mathematics ability. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 75–86.
Ramadhani, R., Farid, F., Lestari, F., & Machmud, A. (2023). Improvement of creative thinking ability through Problem-Based Learning with local culture based on students’ gender and prior mathematics ability. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 75–86.
Susanti, R., Putri, D. A., & Rahman, T. (2024). PBL with the brainstorming method: Can it influence students’ critical and creative thinking ability? Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 10(1), 34–42.
Utami, I. S., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 101–110.
Yusnaeni, Corebima, A. D., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2017). Problem-based learning model: Effect on students’ higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 824(1), 012068.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prasetiyo Darmono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License