Konsep Pendidikan Nilai Dalam Filsafat Pendidikan Islam Perspektif Ki Hajar Dewantara Dan Buya Hamka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif, M. (2016). Paradigma Pendidikan Islam. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). https://repository.iainkediri.ac.id/429/1/Paradigma Pendidikan Islam.pdf
Burhanuddin, H., Sunan, I., & Bojonegoro, G. (2018). Konsep Pendidikan Nilai Humanis Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 52–80.
Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73
Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam [Implementation of Values Education in Islamic Religious Education]. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.
Ghifari, A., Sauri, S., & Alfarisi, Z. (2015). Pemikiran Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan TAJDID, XIV(2), 387–396.
Gustiani, F. N. (2019). Penggunaan Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran Menganalisis Nilai-Nilai Religius Biografi Buya Hamka. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 8(2), 107. https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.442
Hasyim, P. K. K. (2024). Konsep Pendidikan Nilai dalam Filsafat Pendidikan Islam : 5, 347–361.
Iswantir. (2013). Paradigma Lembaga Pendidikan Islam. 34.
Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif.
Nasrullah dan Kistoro, H. C. A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ajaran Ki Hajar Dewantara. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 20(2), 1269–1278.
Nasution, N. L., Salum, R. N., Sapri, S., & Suryani, I. (2023). Terminologi Studi Akidah/Teologi Dan Ruang Lingkup Studi Akidah Akhlak. JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 9(2), 321. https://doi.org/10.24235/jy.v9i2.16289
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902
Nurhasanah, F., Ibnudin, I., & Syathori, A. (2023). Konsep Pendidikan Menurut Buya Hamka Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 176–195. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.108
Saeful Rahmat, P. (2016). Peran pendidikan dalam membentuk generasi berkarakter pancasila. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 1–15.
Sahriansyah. (2014). Ibadah Dan Akhlak. In IAIN Antasari.
Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya Dan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dasar Pada Sd/Mi. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767
Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., Tangkilisan, Y. B., R. Tjahjopurnomo, & Tim Museum Kebangkitan Nasional. (1967). KI HAJAR DEWANTARA “Pemikiran dan Perjuangan” ”PERJUANGAN KI HAJAR DEWANTARA : DARI POLITIK KE PENDIDIKAN”.
Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.480
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Kaliana Fatikah Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License