Konsep Pendidikan Nilai Dalam Filsafat Pendidikan Islam Perspektif Ki Hajar Dewantara Dan Buya Hamka

Kaliana Fatikah, Mukh Nursikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan konsep pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dan Buya Hamka. Keduanya merupakan tokoh penting dalam pengembangan pendidikan nilai di Indonesia, namun memiliki pendekatan dan dasar pemikiran yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ki Hajar Dewantara menekankan pendidikan nilai yang berlandaskan pada budaya nasional, budi pekerti, dan kemerdekaan belajar, sedangkan Buya Hamka mendasarkan pendidikan nilai pada ajaran Al-Quran dan Sunnah dengan orientasi pembentukan akhlak mulia dan ketakwaan kepada Allah. Perbedaan mendasar terletak pada sumber nilai dan orientasi: Ki Hajar Dewantara lebih bersifat humanistik dan kebangsaan, sedangkan Buya Hamka lebih bersifat teosentris dan religius. Meski demikian, keduanya sama-sama menekankan pentingnya keseimbangan antara aspek kognitif, moral, dan spiritual dalam pendidikan. Pemikiran kedua tokoh ini relevan diterapkan dalam pendidikan modern melalui penguatan pendidikan karakter, integrasi nilai-nilai agama dan budaya dalam kurikulum, serta peningkatan peran guru sebagai teladan. 

Keywords


Buya Hamka, Filsafat Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Pendididkan Nilai

Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2016). Paradigma Pendidikan Islam. In Inspiratif Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). https://repository.iainkediri.ac.id/429/1/Paradigma Pendidikan Islam.pdf

Burhanuddin, H., Sunan, I., & Bojonegoro, G. (2018). Konsep Pendidikan Nilai Humanis Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 52–80.

Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam [Implementation of Values Education in Islamic Religious Education]. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.

Ghifari, A., Sauri, S., & Alfarisi, Z. (2015). Pemikiran Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Logika Dan Penalaran Dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan TAJDID, XIV(2), 387–396.

Gustiani, F. N. (2019). Penggunaan Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran Menganalisis Nilai-Nilai Religius Biografi Buya Hamka. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 8(2), 107. https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.442

Hasyim, P. K. K. (2024). Konsep Pendidikan Nilai dalam Filsafat Pendidikan Islam : 5, 347–361.

Iswantir. (2013). Paradigma Lembaga Pendidikan Islam. 34.

Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif.

Nasrullah dan Kistoro, H. C. A. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ajaran Ki Hajar Dewantara. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 20(2), 1269–1278.

Nasution, N. L., Salum, R. N., Sapri, S., & Suryani, I. (2023). Terminologi Studi Akidah/Teologi Dan Ruang Lingkup Studi Akidah Akhlak. JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan, 9(2), 321. https://doi.org/10.24235/jy.v9i2.16289

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Nurhasanah, F., Ibnudin, I., & Syathori, A. (2023). Konsep Pendidikan Menurut Buya Hamka Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 176–195. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.108

Saeful Rahmat, P. (2016). Peran pendidikan dalam membentuk generasi berkarakter pancasila. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 1–15.

Sahriansyah. (2014). Ibadah Dan Akhlak. In IAIN Antasari.

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan Nilai, Budaya Dan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Dasar Pada Sd/Mi. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., Tangkilisan, Y. B., R. Tjahjopurnomo, & Tim Museum Kebangkitan Nasional. (1967). KI HAJAR DEWANTARA “Pemikiran dan Perjuangan” ”PERJUANGAN KI HAJAR DEWANTARA : DARI POLITIK KE PENDIDIKAN”.

Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i3.480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kaliana Fatikah Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License