Pengaruh Model Science-Technology-Society dengan Media Canva terhadap Pemahaman Ecoliteracy Siswa Kelas V di Sumedang Selatan

Widia Rahmawati, Ali Ismail, Ani Nur Aeni

Abstract


Ecoliteracy atau pemahaman ekologis bertujuan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang cara menjaga serta merawat lingkungan dengan baik, sekaligus mengembangkan sikap tanggung jawab mereka terhadap pelestarian lingkungan. Idealnya siswa SD sudah dapat menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Sama halnya dengan capaian hasil belajar, kecerdasan ekologis juga memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Indonesia National Assessment Program menyatakan tingkat persentase literasi sains yang berhubungan dengan masalah lingkungan hidup pada siswa SD termasuk dalam kategori kurang, dengan persentase 73.61%. Interaksi manusia dengan alam yang semakin intens menyebabkan kerusakan lingkungan yang semakin parah. Faktor utama yang mempengaruhinya adalah rendahnya pemahaman individu terhadap ecoliteracy. Fokus permasalahan terletak pada model ajar yang kurang sesuai dengan nilai-nilai ecoliteracy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Science-Technology-Society (STS) dengan media Canva terhadap pemahaman ecoliteracy siswa. Subjek penelitian ini melibatkan total 30 orang siswa kelas V SD Negeri Manangga. Penelitian ini menggunakan model STS dengan media Canva pada materi Siklus Air. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif “The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design". Insrumen diolah menggunakan SPSSv.25 dengan uji Independen Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil olah data didapatkan nilai pretest sebesar 65.60 dan nilai posttest sebesar 78.46, maka diperoleh nilai uji N-Gain sebesar 0.4931. Berdasarkan hasil uji kalkulator d Cohen diperoleh hasil effect size sebesar 0.2, yang menandakan adanya pengaruh terhadap pemahaman ecoliteracy siswa setelah diberikannya perlakuan. Penerapan model STS dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman ecoliteracy siswa, selain itu penggunaan media Canva dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga hasil belajar yang dicapai maksimal.

Full Text:

PDF

References


Ab Marinsyah, Firman, Rusdinal. 2019. “PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN.” Jurnal Pendidikan Tembusai 3(2614–3097):1514–19.

Aeni, Ani Nur, Mita Dewi Handari, Sakti Wijayanti, and Wira Sakti Sutiana. 2022. “Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran Di SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(3):721. doi: 10.35931/am.v6i3.1077.

Harahap, Dharma Gyta Sari, Fauziah Nasution, Eni Sumanti Nst, and Salman Alparis Sormin. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(2):2089–98. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2400.

Hunaepi, Taufik Samsuri, Muhammad Asy’ari, dan Roniati Sukaisih. 2014. SAIN TEKNOLOGI MASYARAKAT “Strategi, Pendekatan, Dan Model Pembelajaran. Lombok.

Inayah, Alma Nurul, Atep Sujana, and Ani Nur Aeni. 2024. “Pengembangan Video Pembelajaran Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V.” Jurnal Basicedu 8(3):2231–42. doi: 10.31004/basicedu.v8i3.7492.

Kurniasih, Dwi. 2022. “Eksplorasi Nilai-Nilai Ekoliterasi Dalam Buku Pelajaran Tematik Sekolah Dasar Kelas Tinggi.” Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra 13(1):29–40. doi: 10.31503/madah.v13i1.418.

Kusumawati, Niniek. 2022. PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Jawa Timur.

Leniati, Bunga, and Endang Indarini. 2021. “Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Mimbar Ilmu 26(1):149. doi: 10.23887/mi.v26i1.33359.

Oktamia Anggraini Putri. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(20):1349–58.

Sholeh, Muhammad, Rr. Yuliana Rachmawati, and Erma Susanti. 2020. “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(1):430. doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

Sinsuw, Alicia A. E., and Alwin M. Sambul. 2017. “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-Guru SMP.” Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer 6(3):105–10.

Slamet, Rokhmad, and Sri Wahyuningsih. 2022. “Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker.” Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis 17(2):51–58. doi: 10.46975/aliansi.v17i2.428.

Sugiyono. 2021. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. yogyakarta.

Winarni, Endang Widi. 2018. PENDEKATAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF. Bengkulu.

Windi Nurlaela Sari, Wulandari, Adela Nur Intani, Ani Nur Aeni. 2024. “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI SD KELAS 3.” Elementaria Edukasia 11(2502–4264). doi: https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8263.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Widia Rahmawati, Ali Islami, Ani Nur Aeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License