Integrasi Computational Thinking dalam Mata Pelajaran PAI pada Materi Sejarah Dinasti Safawi

Emily Faridatul Faiqoh, Fatchurrohman Fatchurrohman

Abstract


Penelitian ini memaparkan tentang kajian integrasi computational thinking pada mata pelajaran PAI dalam materi Sejarah Dinasti Safawi. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan hasil penerapan integrasi integrasi computational thinking pada mata pelajaran PAI dalam materi Sejarah Dinasti Safawi di SMP Muhammadiyah Mungkid. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan peserta didik kelas IX. Temuan yang didapatkan dari penelitian ini adalah di SMP Muhammadiyah Mungkid dalam mengintegrasikan computational thinking dalam mata pelajaran PAI khususnya dalam materi sejarah diawali dengan stimulus terlebih dahulu kemudian dilanjutkan ketahapahan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, alogaritme. Pendekatan ini, didukung dengan media teknologi informasi seperti Canva. Sehingga menjadikan pembelajaran pemecahan masalah lebih menarik dan interaktif dan juga melatih keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa, dengan demikian, penggunaan computational thinking dalam pembelajaran PAI materi sejarah dapat menjadi solusi untuk menghadapi tantangan pembelajaran di era digital.

Full Text:

PDF

References


Amalia, D. R., & Yanti, A. (2021). Implementasi Metode Computational Thinking dan Implikasinya terhadap Peningkatan Prestasi Peserta didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Masagi, 1(1). Retrieved Januari 1, 2025, from https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/209/65

Ansori, M. (2020). Penilaian Kemampuan Computational Thinking. Salimiya, 1(2). Retrieved from https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/167/147

Arsyad, M. (2021). Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Asfiati. (2020). Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menuju Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Kencana.

Atmojo, W. T., & dkk. (2024). Peningkatan Pemahaman Computational Thinking dalam Rangka Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(1), 1336. Retrieved Januari 02, 2025, from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/2935/2081/21272

B.Miles, M., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative Data Analysis. New York: Sage Publication.

Beecher, K. (2017). Computational Thinking: A Beginner’s guide to problem-solving and programming. Swindon: BCS Learning & Development Ltd. Retrieved from http://ganbayar.gitee.io/university_computer_foundation/files/Computational%20Thinking%20-%20A%20Beginner%27s%20Guide%20to%20Problem-Solving%20and%20Programming.pdf

Elayyan, S. (2021). The Future of Education According to the Fourth Industrial Revolution. Journal of Educational Technology & Online Learning, 4(1). Retrieved Desember 20, 2024, from https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/1102836

Elmawati, & dkk. (2024). Student's Computational Thinking Ability in Solving Sequences and Series: The Difference between Male and Female. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1). Retrieved Desember 28, 2024, from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/1987/1471

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Gonzalez, M. R., & dkk. (2016). Which cognitive abilities underlie computatitonal thinking? Criterion validity of the Computational Thinking Test. Journal Elseiver, 6. Retrieved from https://www.computacional.com.br/files/Gerais/ROMAN%20-%20Which%20cognitive%20abilities%20underlie%20computational%20thinking.pdf

Hadi, A., & dkk. (2022). Pendidikan islam dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Reforma, 11(1). Retrieved Januari 3, 2025, from https://jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/653

Jailani, M., & dkk. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 146. Retrieved from http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/8886

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Suka Buku.

Kharisma, N. P., & dkk. (2024). Strategi Pembelajaran PAI dalam Membentuk Pola Pikir Digital, Computational Thinking, Berbasis Teknologi Informasipada Pembelajaran PA. Pekerti : Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, 6(1). Retrieved Desember 20, 2024, from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/4451/2068

Kurniawan, Y., & Pudjiarti, E. S. (2024). Mengurai Jejak Sejarah Revolusi Industri 4.0: dari Konsep Hingga Realisasi. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 3(1). doi:https://doi.org/ 10.56444/transformasi.v3i1.1663

Mahmudi. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, dan Materi. Jurnal Unnisula, 2(1). Retrieved Agustus 13, 2024, from https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/tadibuna/article/download/4930/3130

Muhayati, S. (2021). Integrasi Materi Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menangkal Radikalisme. Jurnal Syntax Idea, 3(6), 1483. Retrieved from https://www.jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/1235/789

Munawir, Syakira, H., & Fransiska, S. A. (2024). Peranan Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Basicedu, 8(2). Retrieved Desember 20, 2024, from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7270/3264

Nasiba, U. (2022). Brankas Rahasia: Media Pembelajaran Numerasi berbasis Berpikir Komputasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2). Retrieved from http://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/764/419

Parsazadeh, N., & dkk. (2020). Integrating Computational Thinking Concept Into Digital Storytelling to Improve Learners Motivation and Performance. Journal If Education Computing Research, 59(3). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/346383097_Integrating_Computational_Thinking_Concept_Into_Digital_Storytelling_to_Improve_Learners'_Motivation_and_Performance

Permana, D. Y., & Fadriati. (2023). Konsep Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Integratif di Sekolah. Social Science Academic, 1(2). Retrieved Agustus 20, 2024, from file:///C:/Users/User/Downloads/4259-Article%20Text-22560-1-10-20231204.pdf

Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Peserta didik Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(1), 377. Retrieved from https://journal.stkipsubang.ac.id/inex.php/didaktik/article/view/302/253

RI, B. (2024, Desember 21). Peraturan Pemerintahan (PP) No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/home/details/4777/pp-no-55-tahun-2007

Salafudin, & Syaifuddin, M. (2022). Krisis Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding the Annual Conference on Islamic Religious Education, 2, p. 158. Retrieved from http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied/article/viewFile/28/30

Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2021). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 terhadap Pendidikan di Indonesia. Educatio: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 179. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/c4ebrt5bvzh7je7ug6mwnskbii/access/wayback/https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/download/4492/pdf

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. Communications of the Acm, 49(3). Retrieved from https://www.cs.cmu.edu/~15110-s13/Wing06-ct.pdf

Wing, J. M. (2011). Research Notebook: Computational Thinking-What and Why? The magazine of the Carnegie Mellon University School of Computer Science. Retrieved from https://people.cs.vt.edu/~kafura/CS6604/Papers/CT-What-And-Why.pdf




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Emily Faridatul Faiqoh, Fatchurrohman Fatchurrohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License