Analisis Kompetensi Kepribadian Guru di MI Arrosyad Bergas

Afifatul Jannah

Abstract


Kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan proses pendidikan, terutama di tingkat sekolah dasar, yang berperan sebagai fondasi pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru sekolah dasar dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran serta perkembangan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah seluruh guru MI Arrosyad Bergas. Analisis difokuskan pada aspek-aspek kompetensi kepribadian, seperti keteladanan, stabilitas emosional, kedewasaan dan kebijaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi siswa, serta membantu pembentukan karakter positif. Sebaliknya, kekurangan dalam kompetensi kepribadian dapat memengaruhi interaksi guru-siswa dan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini menekankan pentingnya program pengembangan kompetensi kepribadian guru melalui pelatihan, pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan. Dengan demikian, pendidikan dasar dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kepribadian dan karakter yang kuat.

Keywords


Kompetensi kepribadian, profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References


Abdi, W. T. (2024). KOMITMEN KERJA (Analisis Kompetensi Pribadi, Stabilitas Emosi dan Motivasi Intrinsik). umsu press.

Afendi, H. A. R., & Khojir, M. (2024). Pendidikan Islam Abad 21 (Inovasi Dan Implementasinya). Bening Media Publishing.

Alfaiz, B. Y. (2024). Optimalisasi Penilaian Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Madrasah. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 8(1), 10-20.

Bhughe, K. I. (2022). Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113.

Budoyo, S., Pratama, P. A., & Sholihah, N. F. (2024). Penegakan Kode Etik Guru dalam Pelaksanaan Tugas Profesi Guru Guna Mewujudkan Sekolah Berbasis Ramah Anak Bagi Guru di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 563-569.

Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Qiara Media.

Firnando, H. G. (2023). Strategi Keunggulan Kepribadian Efektif Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Sebagai Fondasi Pendidikan Berkualitas. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 13-21.

Fraulen, A., Putri, D. S., Yuanita, R. R., & FITRIONO, R. A. (2022). Pentingnya Peran Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Generasi Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(01), 21-28.

Gultom, M., & Naibaho, D. (2024). Implementasi Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1), 1733-1742.

Jariyah, A., Navi, L. H., & Nona, H. (2024). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Smpn Satap Ratenggoji Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores. Sajaratun: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 9(2), 1-13.

Lisdiyana, L. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(2), 217-234.

Nasution, A. A., Siregar, R. W., & Usnur, U. H. (2021). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Fiqih Dengan Minat Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al Washliyah Bandar Rejo Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun. ALACRITY: Journal of Education, 78-89.

Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).

Norvaizi, I., Lestari, N., Nurlaili, N., & Karni, A. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Diskursus Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(3), 351-364.

Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Putri, D. C. K., & Ain, S. Q. (2024). Pengaruh Kompetensi Personal Guru Terhadap Disiplin Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 81-92.

Samosir, R. Y. (2024). Membentuk Integritas Guru di Era Revolusi Industri. Komprehensif, 2(1), 155-162.

Sembiring, I. H. R. U., & Rohimah, I. (2021). Membangun Karakter Berwawasan Kebangsaan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wibowo, A. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis. Yayasan Prima Agus Teknik, 1-473.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i2.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Afifatul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License