Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Kelas XI pada Materi Teks Deskripsi dengan Pemanfaatan Media Youtube

Andi Frenis Mekutika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran PBL/ Problem Based Learning dengan pemanfaatan media youtube untuk meningkat keterampilan menyimak peserta didik pada materi teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan siswa kelas XI L SMA Negeri 2 Palu. PTK dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara siswa dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif.  Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, pada siklus I keterampilan menyimak peserta didik sudah mulai mengalami peningkatan hal ini terbukti 20 peserta didik sudah mengalami peningkatan nilai dari 30 peserta didik di dalam kelas, jika dipersentasikan maka yang tuntasnya mencapai 70%. Kemudian pada siklus II terus mengalami peningkatan yaitu sebanyak 26 peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas jika dipresentasikan yang tuntas mencapai 87%. Dalam kesimpulannya, penerapan model pembelajaran PBL/Problem Based Learning dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik kelas XI pada materi teks deskripsi.


Keywords


PBL/Problem Based Learning, teks deskripsi, keterampilan menyimak

Full Text:

PDF

References


Hasanah, Nova. 2016. Manfaat Youtube untuk Pembelajaran Guru. Sumber webnovahasanah.blogspot.co.id diakses pada 16 November 2024.

Hamzah. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Hermawan, A. (2012). Metode pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Latief, M. A. (2019). Keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhadi. (2016). Aspek keterampilan berbahasa dalam pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Nurgiantoro, B. (2018). Terori Pengkajian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Riyansyah, A., Fauziah, S., & Tanti. (2020). Model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning). Bandung: Alfabeta.

Rost, M. (2011). Teaching and Researching Listening. London: Pearson Education.

Savery, J. R. (2015). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002

Sanjaya, W. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. AlFabeta.

Setiawan, B., & Hermanto. (2018). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 121–132.

Sumarni, W., & Nurwulandari, A. (2020). The Effectiveness of YouTube as an Online Learning Media. International Journal of Education, 5(1), 12–18.

Sumarni, W., & Nurhadi. (2020). Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 123–134.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa

Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1980). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Frenis Mekutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License