Pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Madrasah

Agus Guproni, Winarno Winarno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Berbasis Etnomatematika pada siswa kelas V MI Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan AKM Numerasi Berbasis Etnomatematika berbantuan google form dan linktree di desain agar dapat diakses dari manapun dan tidak terpaut oleh suatu ruang dan waktu, aplikasi ini disediakan menu petunjuk, latihan soal, kisi kisi beserta perolehan nilai hasil belajar; 2) Hasil validasi dari ahli materi tentang AKMI berbasis google form terintegrasi linktree berdasarkan pada tabel 4.1 diketahui total rata-rata sebesar 73% yang berarti termasuk ke dalam kategori valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan nilai rata-rata penilaian dari ahli media tentang media AKMI ini sebesar 94.64 % yang berarti termasuk ke dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan; 3) Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM

Keywords


asesmen kompetensi minimum, numerasi, google form, linktree

Full Text:

PDF

References


Cheung, Lawrence, “Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation”, Journal of Biomedical Education, (2016): 1-6

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis pemahaman guru sekolah menengah pertama (smp) mengenai asesmen kompetensi minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550-1558.

Hastuti, I. D., & Ghoni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Materi Tata Surya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 29-34.

Hidayat, R., & Hidayati, E. F. S. (2023). Analisis kebijakan asesmen kompetensi madrasah indonesia (akmi) pada satuan madrasah ibtidaiyah. Jurnal Primary Edu, 1(2), 125-133.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.

Nurafni, Mimin Ninawati. 2021, Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar, JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar) Vol.9, No. 2, 217-225

Nursetyo, K. I. (2022). Pengembangan Instrumen Literasi dan Numerasi Berbasis TIK Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(2), 75-86.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.

Purnamasari, R., Safitri, N., & Kurnia, D. (2023). Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Numerasi Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 787-797.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2020, Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020, DI Upload ulang oleh https://pelajarancg.blogspot.com.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., & Widarti, H. R. (2021). Analisis kesiapan peserta didik dan guru pada asesmen nasional (asesmen kompetensi minimum, survey karakter, dan survey lingkungan belajar). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v4i6.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agus Guproni, Winarno Winarno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License