Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Cahaya Ummat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, faktor penghambat serta solusi yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi kendala dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila pada siswa di SMP IT Cahaya Ummat. jenis pendekatan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, dan siswa SMP IT Cahaya Ummat Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Strategi guru PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Cahaya Ummat Kabupaten Semarang: mengoptimalkan kegiatan pembiasaan dan Internalisasi dalam pembelajaran di kelas. Dampaknya strategi ini telah berhasil mengembangkan sikap-sikap positif pada siswa. Mereka menjadi lebih sadar akan pentingnya jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang mereka lakukan. 2). Faktor yang menghambat yaitu penyesuaian diri dengan kurikulum yang berbeda dari sebelumnya, perubahan regulasi kurikulum yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran, dan perlunya kolaborasi dan pemahaman yang sama dari para guru terkait dengan kurikulum baru. 3) Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah menyesuaikan diri dengan kurikulum baru, berkolaborasi dan berkoordinasi antar guru, serta mendapatkan dukungan dari sekolah dalam memfasilitasi dan menyampaikan perubahan regulasi kepada guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryana, I. M. P. (2021). Urgensi pendidikan karakter (kajian filsafat pendidikan). Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 11(1), 1-10.
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113.
Awan, U. A., & Jan, S. 2020. The Role of Congregational Prayer in Social Integration and Societal Development in Islam. Journal of Education and Social Sciences.
Diananda, A. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Konsep Diri Anak. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2), 1-21.
Fahmi, D. (2020). PERSEPSI: Bagaimana sejatinya persepsi membentuk konstruksi berpikir kita. Anak Hebat Indonesia.
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.
Hidayat, W. N., & Malihah, N. (2023). Implementasi Beberapa Teori Belajar Dalam Aplikasi Sholat Fardhu (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori Belajar Medan Kurt Lewin, dan Teori Kondisioning Ivan Pavlop di Masjid Al-Ikhlas Sarirejo). Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-10.
https://www.harakatuna.com/sekolah-sekolah-binaan-kaum-radikal-bubarkan.html diakses pada 22 September 2023 20:22
Lubis, M. S. A. (2019). Materi Pendidikan Agama Islam. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.
Nurihayanti, O. 2022. Pancasila Student Profile as Achievement Merdeka Belajar on Program Guru Penggerak. In Prosiding Seminar (pp. 200-209).
Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di SMA Negeri 1 Seteluk. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19-26.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
Safri, H. 2018. Globalisasi Ekonomi Dalam Perspektif Islam. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 5(1), 84-98.
Siswanto, H. (2018). Pentingnya Pengembangan Budaya Religius di Sekolah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), 73-84.
Sukiyat. 2020. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Sulistyowati, W., & Widayanti, T. 2017. The Relationship between Congregational Prayer and Discipline in Daily Activities among Islamic Boarding School Students. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 2, 246-252.
Suwahyu, I. (2018). Pendidikan karakter dalam konsep pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204.
Syafe'i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61-82.
Weissberg, R. P., Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., & Gullotta, T. P. (Eds.). 2015. Handbook of Social and Emotional Learning: Research and Practice. Guilford Publications.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v4i6.342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Achmad Dedi Setiadi, Muna Erawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License