Peran Dosen dalam Mentransfer Pemahaman Moderasi Beragama bagi Mahasiswa di PTKI

Muhamad Nurdin, Aswin Aswin

Abstract


Penelitian ini meneropong bagaimana peran dosen dalam upaya mentransfer pemahaman moderasi beragama bagi mahasiswa. Hal ini menjadi perhatian mengingat dosen sebagaimana tupoksinya yakni mentranfer keilmuan, melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer dan skunder. Sumber data primer seperti pengamatan dan melakukan wawancara dengan pihak universitas, misalnya dosen dan mahasiswa. Sumber data sekunder mencakup referensi dari buku, jurnal, laporan dan lain sebagainya. Dalam konteks moderasi beragama, dosen memiliki tanggung jawab untuk mendekatkan, memberikan pemahaman terhadap mahasiswa hingga masyarakat terkait isu-isu perpecahan, inkulifitas, tidak menerima paham yang berbeda dalam bernegara dan beragama. Pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama telah memberikan izin bagi kampus-kampus berbasis agama untuk mendirikan rumah moderasi beragama. dalam penerapannya reaksi beragam dari civitas akademik meskipun tujuan utamanya adalah memperkuat toleransi dan menghindari perpecahan.


Keywords


Moderasi Beragama, Dosen, Mahasiswa, PTKI

Full Text:

PDF

References


Achmadi, (2010), Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Abdul R, (2022), Moderasi agama di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian Atas Alterasi Pendirian Rumah Moderasi Beragama, Jurnal Tarbawi Vol. 5 No. 2, Agustus.

Abror, (2020), Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi, Riskiyah: Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 1 No. 2.

Afifah, (2023), Peran Dosen Dalam Upaya Penguatan Nilai-nilai Moderasi Beragama Melalui Konsep Islam Washathiyah, Jurnal Revorma, Vol. 3 No. 2 November.

Amirul, (2024), Moderasi Beragama: Peluang dan Tantangan di Era Digital, Salimiyah, Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol. 5 No. 2, Juni

Frimayanti, (2017), Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 8

Hadiat dan Syamsyurizal, (2021) Mengarusutamakan moderasi beragama dikalangan Remaja: kajian konseptual, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 7 No. 5.

Haryatmoko, (2004), Etika Politik dan Kekuasaan, Jakarta: Gramedia

Koko dkk, (2020), Peran Dosen dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Mendukung Program Moderasi Beragama, Jurnal Vol. 8 No. 2.

Muhartarom, (2020), Moderasi Beragama: Kosep, Nilai, Strategi Peengembangannya di Pesantren, Jakarta: Yayasan Talibuana Nusantara.

Pendis D, (2021), Keputusan Direktur Dirjen Pendidikan Islam Nomor 897 tahun 2021Tentang Petunjuk Teknis Rumah Moderasi Beragama, Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.

Munir, (2020), Literasi Moderasi Beragama di Indonesia, Bengkulu: CV Ziggie Utama

Tim Penyusunan Kementrian Agama RI, (2019), Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Totong, (2019), Membangun Produktivitas Dosen di Perguruan Tinggi, Jurnal Rausyan Fikr, Vol. 15 No. 2 September.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Yusuf Hanafi dkk, (2022), Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum, Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa

Zulkifli, dkk, (2023), Pemahaman Mahasiswa Tentang Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Umum, Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Vol. 17 No. 1, Januari-Febuari.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i5.340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhamad Nordin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License