Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Tingat SMP

Mustaghfirotul 'Ulya, Helti Lygia Mampow, Dinar Kasih Riani

Abstract


Penelitian ini dilandasi rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan kelompok heterogen, pada observasi didapati bahwa pada kegiatan diskusi kelompok didominasi oleh peserta didik dengan kemampuan mahir saja, sedangkan peserta didik dengan kemampuan berkembang dan butuh bimbingan sangat kecil kontribusinya dalam kegiatan diskusi kelompok. Penggunaan pendekatan TaRL dalam pembelajaran matematika diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan mengelompokkan peserta didik secara homogen berdasarkan tingkat kemampuan awal mereka agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan analisis data deskriptif komparatif dengan membandingkan data hasil belajar peserta didik mulai dari pra-siklus hingga siklus 2. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, asesmen diagnostik, asesmen sumatif, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil asesmen diagnostik peserta didik dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu tingkat mahir, berkembang, dan butuh bimbngan. Hasil dari penelitian yang didapatkan yaitu penggunaan pendekatan TaRL pada pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Data kenaikan rata-rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh yaitu naik dari pra-siklus sebesar 38,33 menjadi 69 pada siklus 1 namun masih belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 75, dan naik menjadi 92,17 pada siklus 2 serta sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Penelitian ini menitik beratkan pada pemenuhan kebutuhan peserta didik yang berbeda berdasarkan tingkat pemahaman awal mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kegiatan pembelajaran yang inovatif untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah.


Keywords


TaRL; hasil belajar; sekolah menengah pertama

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 03(03).

Ainun, H. H., Yunus, S. R., Alim, M. H. Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5 (3) 1070-1075

Andari, R. M., Krisdiana, I., & Hidayati, S. N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan TaRL pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII C SMP N 3 Madiun. INNOVATIVE: Journal of Socal Science Research, 4(3), 9924-9938

Anggraini, E. Y. N., Subekti, E. E., & Lestari, A. B. Pengaruh Pendekatan TaRL Terhadap Hasil Belajar pada Mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang. Education Journal: Journal Education Research and Development, 8(2), 405-412

Annadzii, M. D., Nursangaji, A., Kalsum, U. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan TaRL pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12(2), 129-134

Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I K. (2023). Penerapan Teaching at The Right Level Berbantukan E-LKPD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII I Negeri 1 Kuta Utara. Widyadari, 24(2), 220-229

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. (Rev. Ed). Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at The Right Level (TaRL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan kewirausahaan KD 3.2/4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nahat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407-12418.

Darma, Palloan P., & Kohar, N. MT., (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar iPA Peserta Didik SMP N 7 Makassar, Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1123-1131

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Estari, A.W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. SHEs: Conference Series, 3 (3).1439-1444

Febrianti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631-1638.

Gempita, L. E., Alfiandra, & Murniati, S. R. Penerapan Model TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1816-1828

Hasanah, L.W., Silalahi, H., & Utama, N. B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 237-258.

Iskandar. (2012). Peneliian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: GP Press Group.

Jauhari, T., Rosyidi A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. PTK dan Pendidikan, 9(1), 59-74.

Khoir, S.M., & Untari, M. F. A. (2024). Analisis Keaktifan Peserta Didik dalam Penerapan Model TGT Terintegrasi TaRL pada Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 3(2), 300-305.

Ningrum, M.C., Juwono, B. & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika, PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99

Nisa, U., Saenab, S., & Muzayyan. Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning dengan Pendeatan TaRL di SMP Negeri 7 Sinjai. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 958-970.

Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching at The Right Level Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris KD 3.4/4.4 Materi Narrative Text di Kelas X.IPK.3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 06(02).

Rahman, S. 2022. Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ranila, R., Setyadi, D., & Mahmudi. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan CRT Berbantuan Model STAD Pada Materi Garis dan Sudut. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, (X),

Resqueta M. C., Kartikasari N. O., Fahimuddin A., dkk, (2024). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan TaRL pada Siswa Kelas Heterogen. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3784-3794

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi Pendekatan teaching at The Right Level Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179-192

Sianturi, W. T., Nurjannah, S., & Siregar, R. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik ddi UPT SMP Negeri 8 Medan. Journal on Education, 06(04), 21379-21387

Subeqi, E. F., Susanti, V. D., & Lestarinngsih, A. R. (2024). Penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ukuran Pemusatan Data Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Madiun, Jurnal Ilmiah Pendidikan dasar, 09(02), 7931-7949

Suharyani, N. K. A. S., & Farida, H. A. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 470-479

Syerlinda, Saenab, S., Djumirah, & Hatimah. (2024) Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP N 23 Barru. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 991-997

Undang-undang permendikbud No. 20 Tahun 2003

Yeni, D. F., Putri, S. L. & Setiawati, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 1 X Koto Diatas. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 10(2): 133-140.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 mustaghfirotul ulya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License