Penerapan Sak-Sak : Kamus Kecik Basa Jawa Padinan Digital untuk Meningkatkan Penguasaan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa bagi Mahasiswa

Ithafur Rahman

Abstract


Tujuan penelitian ini dalam rangka meningkatkan hasil belajar unggah-ungguh bahasa Jawa bagi mahasiswa melalui penerapan Sak-sak: Kamus Kecik Basa Jawa Padinan Digital.  Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas dengan II siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGMI UIN Salatiga berjumlah 34 orang. Hasil penelitian yang didapatkan adalah meningkatnya penguasaan unggah-ungguh bahasa Jawa mahasiswa prodi PGMI UIN Salatiga setelah diterapkan penggunaan Sak-sak : Kamus Kecik Basa Jawa Padinan Digital. Pada kondisi awal pretes didapatkan hasil sebanyak 7 (20,6%) mahasiswa tuntas KKM. Pada siklus I didapatkan hasil sebanyak 18 (52,9%)  mahasiswa tuntas KKM. Pada siklus II didapatkan hasil penelitian berupa 31 (91,1%) mahasiswa tuntas KKM. Hasil penelitian pada siklus II memperlihatkan jika penerapan Sak-sak : Kamus Kecik Basa Jawa Padinan Digital dapat meningkatkan penguasaan unggah-ungguh bahasa Jawa mahasiswa Prodi PGMI FTIK UIN Salatiga.

Keywords


penerapan kamus; unggah-ungguh; ptk

Full Text:

PDF

References


Abubakar, H. R. I. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., ... & Hardika, I. R. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Arikunto Suharsimi, D. (2017). Peneliian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Asih.(2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Biantara, D. O., & Thohir, M. A. (2022). Analisis Komunikasi Siswa Kelas 6 SD Dalam Mengimplementasikan Muatan Lokal Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(2), 181-189.

Budiastuti, P. N., Rosdiana, R., & Ekowati, A. (2023). Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMP Di Kabupaten Bogor Utara. Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran Http, 3, 39-45.

Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13.

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75.

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar metode penelitian kepada suatu pengertian yang mendalam mengenai konsep fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19-24.

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture di kelas IV SDN Kalisari 03 Jakarta Timur. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 1.

Purwaningrum, P. W. (2020). Variasi leksikal di Kabupaten Kebumen (Sebuah kajian dialektologi). Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 112-119.

Rahman, I. (2017). Sak-sak Kamus Kecik Basa Jawa Padinan. Yogyakarta : Terakata, (1st ed, pp. 7-35).

Rahman, I. Retrived Desember 9, 2023, Sak-sak: Kamus Kecik Basa Jawa Padinan Digital website, http://www.rebbys.com.

Rahman, I., & Jati, T. B. W. (2022). Simplifikasi Cerita Wayang Duta Palwaga Sebagai Bahan Ajar Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(2), 138-159.

Rahmawati, R. (2019). Politik Bahasa" Jawa Anyar" dalam Ranah Pendidikan. Journal of Politics and Policy, 167-188.

Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31-37.

Sari, N. N., Sofiyan, S., & Amalia, R. (2021). Implementasi Online Learning Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) Dengan Aplikasi Ispring Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Karakter Mandiri. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 37-43.

Sukesi, S. (2021). Upaya Penguatan Karakter Dan Budi Pekerti Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Jawa Pada Siswa Smp Negeri 3 Tegalombo. JH (Jurnal Humaniora), 8(02).

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1-12.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ithafur Rahman, Ithafur Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License