Guru Ideal Perspektif Al Ghazali dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalasis guru ideal persfektif Imam Al-Ghazali dan implikasinya terhadap pendidikan karakter tanggung jawab siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik dengan analisis dokumen atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga acara, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisa data didasarkan pada model Miles dan Huberman antara lain mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konsep guru ideal menurut Imam Al Ghazali antara lain: 1) Menyayangi muridnya; 2) Mengajar dengan Ikhlas; 3) Menjadikan Ilmu sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Bukan untuk kekuasaan dan kekayaan duniaw; 4) Bijaksana; 5) Menghormati ilmu lain; 6) Mengetahui sejauh mana kemampuan murid; 7) Menyampaikan ilmu kepada murid yang terbatas kemampuannya; 8) Mengamalkan ilmunya sehingga menjadi teladan (uswatun hasanah). Implikasi terhadap pengembangan karakter tanggung jawab siswa kelas VII di SMP Dharma Lestari antara lain: 1) Meningkatkan motivasi belajar; 2) Meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama; 3) Meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa; 4) Mengembangkan etika dan moral.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Ghazali, 1994. Ihya Al Ulumuddin, terj. Ismail Yakub, CV. Faizan, Bandung
Al-Ghazali, al-Imam Abi Hamid Muhammad bin Muhammad. 1996. Ihya ‘Ulumuddin, Jilid I, Kairo: Maktabah al-Iman Li al-Nasyri Wa al-Tauzi’.
Al-Ghazali. ( 2003). Bidayah al-Hidayah (terj). Pustaka Sufi, Yogyakarta.
Al-Ghazali. (1994). Ihya Al Ulumuddin. Jilid I, C. ed. terj. Ismail Yakub. Jakarta: CV. Faizan.
Al-Ghazali. Ihya Ulumuddin Buku Pertama: Biografi Imam al-Ghazali, Ilmu, Iman. diterjemah. oleh Purwanto, Ed. Irwan Kurniawan. (Bandung: Marja. 2014) ,Hlm. 171-180
Amanullah, W. A. A., Wantini, W., & Diponegoro, A. M. (2023). Analisis Role-Model Guru PAI Dalam Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam: Studi di SDN Bhayangkara Yogyakarta. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(1), 128-145.
Anurogo, D., & Napitupulu, D. S. (2023). Esensi Ilmu Pendidikan Islam: Paradigma, Tradisi dan Inovasi. Pustaka Peradaban.
Azhari, D. S., & Mustapa, M. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 271-278.
Detik.com (2023). Siswa Bacok Guru di Demak, Kemenag Jateng Minta Guru Lebih Perhatian ke Murid. https://www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-6956277/siswa-bacok-guru-di-demak-kemenag-jateng-minta-guru-lebih-perhatian-ke-murid
Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan guru dalam meningkatan mutu pendidikan agama islam di era melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246-265.
Hidayat, M. M., Huda, C., & Setyawati, R. D. (2023). ANALISIS PENGARUH PEMBIASAAN PAGI TERHADAP NILAI KARAKTER TOLERANSI KELAS 1/B SDN KALICARI 01 SEMARANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2078-2088.
Hotimah, L. H., & Hasyim, U. A. A. (2024). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Akhlak Siswa Kelas V SD Negeri 4 Simbarwaringin. Assyfa Journal of Multidisciplinary Education, 1(1), 12-18.
Kompas.com (2023). Guru Di-"bully" Belasan Siswa di Maluku Tengah, Kunci Motor Diambil dan Disoraki. https://regional.kompas.com/read/2023/08/17/164057678/guru-di-bully-belasan-siswa-di-maluku-tengah-kunci-motor-diambil-dan?page=all.
Kurniawati, R., & Amalia, A. R. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304-8313.
Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.
Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mukhlis, M., Rasyidi, A., & Husna, H. (2024). Tujuan Pendidikan Islam: Dunia, Akhirat Dan Pembentukan Karakter Muslim Dalam Membentuk Individu Yang Berakhlak Dan Berkontribusi Positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1-20.
Mundiri, A., & Bariroh, A. (2019). Amplifikasi Profesi Guru Dalam Proses Pendidikan Transformatif Perspektif Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 18(1), 159-184.
Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 146-156.
Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Deepublish.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Pawitasari, E., Mujahidin, E., & Fattah, N. (2015). Pendidikan karakter bangsa dalam perspektif Islam (studi kritis terhadap konsep pendidikan karakter kementerian pendidikan & kebudayaan). Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-20.
Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.
Saiful, S., Yusliani, H., & Rosnidarwati, R. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif Al-Ghazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).
Saputra, T., & Wahid, A. (2023). Al-Ghazali Dan Pemikirannya Tentang Pendidikan Tasawuf. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(4), 935-954.
Sukirman, S., Baiti, M., Syarnubi, S., & Fauzi, M. (2023). Konsep Pendidikan menurut Al-Ghazali. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(3), 449-466.
Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tatto, M. T. (2006). Education reform and the global regulation of teachers’ education, development and work: A cross-cultural analysis. International journal of educational research, 45(4-5), 231-241.
Tolchah, M. (2019). Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif al-Ghazali dan al-Attas. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(1), 79-
Villegas-Reimers, E. (2003). Teacher professional development: an international review of the literature (pp. 7-9). Paris: International institute for educational planning.
Widad, Z., & Syauqillah, M. (2023). Konsep Guru Ideal Perspektif Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ulumuddin. Journal Islamic Studies, 4(2), 99-110.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Zuhri, S., Nazmudin, D., & Asmuni, A. (2022). Konsepsi Pendidikan Karakter Menurut Al-Zarnuji Dan Thomas Lickona. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 56-78
Zulkifli, A. M. B. (2018). Konsep Muhasabah Diri Menurut Imam Al-Ghazali (Studi Deskriptif Analisis Kitab Ihya’Ulumiddin) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 muhammad nasih faza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License