Konsep Pendidikan Nilai dalam Filsafat Pendidikan Islam: Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dan Buya Hamka

Siti Solichatun Zakiah, Mukh. Nursikin

Abstract


Dengan munculnya beberapa perubahan berkaitan dengan pendidikan, sangat penting untuk mengkaji secara mendalam bagaimana konsep pendidikan nilai dalam filsafat pendidikan islam yang di kemukakan cukup jelas oleh K.H. Hasyim Asy’ari dan Hamka. Dalam penelitian ini menganalisis berkaitan dengan konsep pendidikan nilai dalam filsafat pendidikan nilai perspektif dua tokoh muslim, yaitu K.H. Hasyim Asy’ari dan Haji Abdul Malik Kharim Amrulloh (Hamka). Proses dalam penelitian artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji karya beliau dan di dilengkapi referensi yang relevan secara lebih luas dan dalam proses analisis artikel ini menggunakan penekatan hermenutik untuk menjelaskan makna yang sesuai dengan konteks filosofis. Dalam analisis hasil pembahasan artikel ini membahas berkaitan dengan konsep pendidikan nilai kedua tokoh tersebut yang merupakan dua tokoh besar islam yang memiliki pandangan terkait pendidikan nilai dimana K.H. Hasyim Asy’ari menekankan pentingnya pendidikan akhlak dan nilai-nilai moral dalam islam, terutama berdasarkan tasawuf dan tradisi ulama salaf, sedangkan Buya Hamka beliau menekankan pentingnya pendidikan nilai yang bersumber dari Al-Qur’an dan sunnah, namun dengan pendekatan yang lebih rasional dan kontekstual. Meskipun memiliki perbedaan penekanan dan pendekatan, baik K.H. Hasyim Asy’ari maupun Buya Hamka sama-sama menekankan pentingnya pendidikan nilai dalam islam. Implementasi penelitian ini menekankan pentingnya mengamalkan ilmu pendidikan nilai, akhlak, moral seperti dalam ajaran K.H. Hasyim Asyari, serta dalam pengamalannya penting untuk bersandar pada Al Qur’an dan sunnah seperti dalam konsep Buya Hamka. Oleh karena itu, dari penerapan konsep pendidikan nilai dalam filsafat pendidikan islam mampu menjadikan generasi selanjutnya lebih memiliki karakter yang baik, akhlak yang mulia dan bermoral secara seimbang. Saran untuk penelitian berikutnya untuk lebih memperdalam pada konteks lieraturnya, dan dapat memperluas implementasinya dalam hal pendidikan baik secara formal ataupun tidak agar lebih memberikan gambaran yang lebih baik terkait konsep Hasyim Asyari dan Hamka dalam pendidikan nilai islam dan kesesuaiannya dengan pendidikan saat ini.

 


Full Text:

PDF

References


Amiruddin. (2018). Pemikiran Filsafat Pendidikan Azman Ismail. Kalam: Jurnal Agama Dan SosialHumaniora,6(1),2338–2341. http://jurnal.kalamlsama.com/index.php/kalam/article/view/29

Amiruddin, Muhammad Faiz. 2018. Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari. 1(1).

Amri, Muhammad, La Ode Ismail Ahmad, M. R. 2018. Aqidah Akhlak. Semesta Aksara.

Agus Puspita W, D. M. . 2019. Pemikiran Pendidikan Islam Menurut K.H. Hasyim Asy’ari. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 10(2).

Ahmad Ainun Najib. 2020. Konsep Dasar Pendidikan Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy’ari. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Azizah, Nurul. 2023. Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Konsep Pendidikan. TA’LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. 2(1).

Budiawan, A. 2019. Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asya’ri Dalam Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1).

Burdah, I. 2019. Konsep Pendidikan Akhlak Hamka. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 37-52.

Burhanuddin, H., Sunan, I., & Bojonegoro, G. 2018. Konsep Pendidikan Nilai Humanis Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Faiqah, N., & Pransiska, T. 2018. Pendidikan Karakter di Pesantren dalam Pemikiran KH. Hasyim Asy'ari. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 51-66.

Frimayanti, A. I. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).

Hadi, S. 2017. Pemikiran Pendidikan Hamka. Yogyakarta: Teras.

Hamka, H. Rusdi, 1983, Pribadi dan Martabat Prof. D. Hamka, Jakarta: Pustaka Panjimas.

Hasan, Abdullah, 2004, Tokoh-Tokoh Mahsyur Dunia Islam, Surabaya: Jawara Surabaya.

Khozin, W. 2019. Konsep Pendidikan Islam K.H. M. Hasyim Asy'ari. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-18.

Kolil, Hamid Syarifuddin, dll. 2023. Konsep Pendidikan Islam dalam Kitab Adabul' Alim wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari. Attractive: Innovative Education Journal. 5(3).

Mardiyah. 2013. Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kitab Ta'lim al-Muta'allim. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 256-273.

Minarti, S. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Mubarok, H. 2020. Pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy'ari dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 101-116.

Nata, A. 2020. Pendidikan Islam di Era Milenial. Jurnal Conciencia, 20(1), 1-16.

Nurtahyuddin, M. 2022. Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Milenial. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1-16.

Sanaky, Hujair AH. 2003. Paradigma Pendidikan Islam; Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta, Safiria Insania Press.

Sanusi, M. 2015. Pemikiran Pendidikan Hamka dalam Perspektif Hamka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama islam, 3(1), 59-76.

Sari, E. A., Agama, P., Pascasarjana, I., & Pabelan, P. M. A. (2023). INSANI : Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Ponpes Modern An-Nur Pabelan. INSANI: Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan, 1(1), 75–88.

Sari, Wann Nurdiana. 2021. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1).

Syafe'i, I. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah, 8(1), 61-82.

Syahid, N. (2020). Pendidikan Nilai Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Nur. Qudwatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(September 2020), 89–100. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/95

Syamsi, M. (2018). Konsep Pendidikan Agama Islam; Studi atas Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(2 SE-Articles), 15–35. https://doi.org/10.5281/zenodo.3366713

Suharto, T. 2018. Nilai-nilai Tarbawi K.H. M. Hasyim Asy'ari dan Kontribusinya bagi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Karsa, 26(1), 134-155.

Zainuddin. 2010. Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara

Zein, Muhammad, 1987. Pendidikan Islam Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.

Zubaedi, 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 siti solichatun Zakiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License