Etika Mencari Ilmu dalam Al Qur’an Surah Al Kahfi Ayat 60-73 dan Relevansinya terhadap Pendidikan Kontemporer (Kajian Tafsir Al-Munir)

Ummi Nadziratul Dira, Muhammad Hifdil Islam, Taufiqurrohman Rifa’i

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep etika mencari ilmu dalam Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhayli pada kisah Nabi Musa dan Khidir dalam Surat Al-Kahfi ayat 60-73. Penelitian dilakukan dengan metode kepustakaan dan analisis isi terhadap sumber data sekunder berupa buku Tafsir Al-Munir dan jurnal terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Tafsir Al-Munir, etika mencari ilmu yang terkandung dalam kisah tersebut meliputi memiliki semangat tinggi, rendah hati, tidak cepat marah, berkomitmen, bertanya sesuai izin guru, dan meminta maaf atas kesalahan. Etika tersebut masih relevan diterapkan dalam pendidikan kontemporer terutama pada aspek tujuan, metode, dan materi pendidikan. Etika mencari ilmu penting untuk membangun pendidikan berkualitas menuju generasi berakhlak mulia. Penelitian ini diharapkan dapat memberi wawasan tentang urgensi etika dalam pendidikan dan mendorong penelitian lebih lanjut terkait implementasinya.


Keywords


etika mencari ilmu, tafsir al-munir, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Ardiansyah, M. N. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Keteladanan Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas Vii Di Smp Al Irsyad Kota Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Universitas Islam Sultan Agung.

Az-zuhayli, wahbah. (2003). Tafsir Al Munir.

BEM REMA UPI. (2019). Fakta dibalik anak indonesia:indonesia gawat darurat pendidikan karakter. Kabinet gerak serentak bem rema upi 2021. http://bem.rema.upi.edu/fakta-dibalik-anak-indonesia-indonesia-gawat-darurat-pendidikan-karakter/

Budi Astutu, R., Maryono, & Irvan Fuadi, S. (2023). Etika Mencari Ilmu Dalam Al-Qur ’ an. 3(3), 09–18.

Busiri, A. (2020). Etika Murid Dalam Menuntut Ilmu Perspektif Syaikh Az-Zarnuji (Kajian Kitab Ta’limul Muta’allim). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(Pendidikan Islam), 55–70.

Darma, I. W. W. (2021). Pendidikan Karakter Dan Moralitas Berbasis Tat Twam Asi. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), 191–200.

Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.

FARISI, B. AL. (2023). Siswa SMP Lamongan Aniaya Guru di Kelas, Tak Terima Ditegur soal Sepatu -sepatu. KOMPAS.com. urabaya.kompas.com/read/2023/11/16/093856178/siswa-smp-lamongan-aniaya-guru-di-kelas-tak-terima-ditegur-soal-sepatu

Fitri, R. R., Rokim, S., & Triana, R. (2020). Adab Pendidik Dalam Al-Qur’an Surat Al-Kahfi Ayat 60-82 (Studi Tafsir Tematik). 82, 307–326.

INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Kamrullah, M. H. I., & Samsahudi, M. H. I. (2020). Aktualisasi Universalitas Al-Qur’an. el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB, 11(2), 40–55.

Khusaini, F. (2023). Bab 3 perbedaan jenis penelitian kepustakaan dan studi kasus. Metode penelitian kepustakaan (Library Research), 25.

Maryam, S. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Persepektif Al-Quran. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 79–96. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.67

Munir Filsafat Moral Tugas. (n.d.).

Nabilah, M. (2023). Kasus Perundungan Sekolah Paling Banyak Terjadi di SD dan SMP Hingga Agustus 2023. Databoks, 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/07/kasus-perundungan-sekolah-paling-banyak-terjadi-di-sd-dan-smp-hingga-agustus-2023

Nilda Miftahul Jannah, & Aryanti. (2018). Etika Dalam Perspektif Filsafat Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–63.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231.

perilaku kekerasan oleh anak disekolah, kenapa bisa terjadi ? (2023). cnnindonesia.com. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230908122136-284-996419/perilaku-kekerasan-oleh-anak-di-sekolah-kenapa-bisa-terjadi

Saihu, S. (2020). Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(01), 99–112.

Silvia, M., Janwari, Y., & Rusyana, A. Y. (2022). Konsep Etika Produksi Menurut Pemikiran Muhammad Nejatullah Siddiqi. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 5(1), 1–8.

Sujatnika, D. A. (2021). Etika Mencari Ilmu Dalam Presfektif Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 13. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i1.64

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Suryadi, A. (2022). Menjadi Guru Profesional dan Beretika. CV Jejak (Jejak Publisher).

Suteja, J. (2013). Etika Profesi Keguruan. Deepublish.

Tanyid, M. (2014). Etika dalam pendidikan: Kajian etis tentang krisis moral berdampak pada pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 235–250.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ummi nadziratul laily Dira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License