Analisis Kompetensi Pedagogik Kinerja Guru MI Program Khusus Al-Ikhlas Tengaran Kabupaten Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru pada kinerja. Serta dampak dari kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Program Khusus Al-Ikhlas Kec. Tengatan Kab. Semarang. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara dan dokumentasi, informan utama pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kompetensi pedagogik pada kinerja guru sudah baik. Guru sudah melakukan evaluasi dalam pembelajaran sesuai indikator. Pengembangan silabus dan kurikulum dilakukan di setiap awal tahun. Materi yang diajarkan sesuai dengan rencana pembelajaran. (2) dampak kompetensi pedagogik guru pada kinerja dan prestasi belajar siswa menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang baik berdampak positif pada kinerja guru dan prestasi belajar siswa. Ketika seorang guru memiliki pemahaman yang mendalam tentang kurikulum dan strategi pengajaran maka akan terbentuk proses pembelajaran yang efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adintya, L., & Kusumawati, E. R. (2023). Problematika Pengembangan Kepribadian Pendidik Di Mi Al Bidayah Candi Bandungan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 130-138.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49-59.
Berliani, T. (2017). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1, 218–226. https://doi.org/10.17977/um025v1i32017p218
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Fatmawati, D. A., & Sutomo, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penerapan Variasi Mengajar Berbasis Teknologi Informasi” Dan Komunikasi Pasca Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(3), 251-263.
Gustisari, D., Robandi, B., & Suyitno, Y. (n.d.). The Role of Teacher Pedagogic Competence in Improving Student Learning Achievement in Elementary School. 2.
Hakim, M. F. Al, & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1), 16–25. https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677
Isnaini, M. (2013). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445-450.
Indriani, N., Sutamah, S., Maharani, A. P., Wahyuni, N., Afi, D. A., Bahri, F. F., & Rahma, S. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Asesmen Autentik Higher Order Thinking Skill Di Mi Sidoarjo. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(6), 596-607.
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.
Lestari, H. S. (2019). Oleh : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri. 1–117.
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788
Magister Administrasi Pendidikan, J., Salma, P., & Usman, N. (2018). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Man Beureunuen. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 6(1), 18–23.
Muali, C., Ridwan, R., Huda, H., & Akbar, A. R. (2022). Improving Teacher Work Discipline in Madrasah Through Charismatic Leadership. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 281–294. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i1.3302
Mutahajar, M. (2019). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela. Bintang, 1, 282–303.
Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers : Pedagogical Knowledge , Reflective Ability , Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern. October. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010
Wulandari, W., & Kumalasari, F. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Berbasis Kurikulum 2013. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 471-481.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 anisa nugrahaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License